Sejarah! Dominasi Inggris Tercipta di Liga Champions dan Liga Europa

Football5Star.com, Indonesia – Sejarah tercipta pada ajang antarklub Eropa musim ini. Untuk kali pertama, empat finalis pada ajang Liga Champions dan Liga Europa (dahulu Piala UEFA, Red.) berasal dari satu negara: Inggris. Sebelum dominasi Inggris ini, sebuah negara paling banyak hanya mengirimkan tiga wakil ke final dua ajang tersebut.

Dominasi Inggris kali ini melewati catatan apik Spanyol. Pada 2013-14 dan 2015-16, tercatat ada tiga wakil Negeri Matador yang lolos ke final dua ajang antarklub Eropa. Komposisinya sama. Real Madrid dan Atletico Madrid bersua pada partai puncak Liga Champions, sedangkan Sevilla meraih satu tempat pada final Liga Europa.

Dalam kepastian dominasi Inggris di final Liga Champions dan Liga Europa, hanya Arsenal yang melenggang mulus.
standard.co.uk

Kisah dominasi Inggris di pentas antarklub Eropa musim ini pun diwarnai perjuangan sensasional. Hanya Arsenal di Liga Europa yang melenggang mulus dengan menang 3-1 dan 4-2 atas Valencia. Liverpool dan Tottenham Hotspur melenggang ke final Liga Champions lewat aksi remontada atas Barcelona dan Ajax. Sementara itu, Chelsea harus berjuang hingga adu penalti.

Chelsea menjadi penentu terciptanya dominasi Ingris pada final kancah antarklub Eropa tersebut. Anak-anak asuh Maurizio Sarri harus bersusah-payah menyingkirkan Frankfurt. Unggul 1-0 pada babak pertama lewat gol Ruben Loftus-Cheek, mereka malah kebobolan gol penyeimbang pada babak kedua.

Skor 1-1 dalam 90 menit memaksa pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Pasalnya, pada leg I semifinal, skor akhir juga 1-1. Namun, tak ada gol tercipta dalam 2×15 menit. Pada akhirnya, dua penyelamatan Kepa Arrizabalaga pada adu penalti membawa mereka ke Baku, kota tempat final Liga Europa berlangsung.

Dominasi Inggris pada final Liga Champions dan Liga Europa musim ini pun sekaligus mematahkan dominasi Spanyol. Sejak 2013-14, hampir semua trofi dua ajang tersebut diraih klub Spanyol. Anomali hanya Liga Europa 2016-17 yang dimenangi Manchester United.

Comments
Loading...