Sekjen PSSI Jamin Pihaknya Kooperatif Terkait Pemeriksaan Polisi

Football5star.com, Indonesia – Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, menjamin pihaknya akan bersikap kooperatif terkait pemeriksaan kepolisian terhadap organisasnya. Hal ini menyusul munculnya tersangka baru dalam kasus dugaan pengaturan skor.

Ditemui usai drawing babak 32 besar Piala Indonesia di Hotel Sultan, Selasa (8/1) sore, Tisha membeberkan beberapa hal. Salah satunya adalah terkait kualitas wasit yang menjadi gerbang terdepan dalam ranah pengaturan skor.

“Terkait langkah positif yang ditegakkan pihak kepolisian, PSSI menghargai langkah tersebut. Kami akan mengikuti proses hukum dengan baik per individu,” katanya kepada awak media yang hadir.

“Kalau masalahnya adalah wasit, ini sudah soal teknis dan menjadi ranah dan kewenangan Komite Wasit. Pasti sudah dilakukan evaluasi per pekannya terkait performa setiap setelah pertandingan,” sambungnya lagi.

Kepolisian baru saja menetapkan Nurul Safarid, wasit pertandingan antara Persibara Banjarnegara melawan PS Pasuruan sebagai tersangka pengaturan skor. Hasil dari pengembangan kasus yang sebelumnya ditelisik dari Prijanto dan Mbah Putih.

ratu tisha-pssi-satgas
F5S

“Mekanis evaluasi wasit bermula dari aspek tekni. Misalnya, melakukan kesalahan putusan, dari situ bisa dikaji mengapa bisa ada kesalahan. Bisa jadi karena terhalang, kenapa terhalang? Mungkin cara larinya salah, berkaitan dengan fisik, ini yang kami evaluasi,” tambah wanita 33 tahun tersebut.

“Evaluasi ini dinilai oleh tiga pihak. Pertama, dari asesor wasit PSSI yang berada di lapangan, atau lewat video. Kemudian adalah Referee Technical Director di kantor, Toshio Kinagi. Evaluasi ketiga, kami bekerja sama dengan JFA yang berkoordinasi langsung dengan komite wasit,” tutup Tisha.

Comments
Loading...