Selain Lakukan Tendangan Kungfu, Ini Sederet Kontroversi Hisyam Tolle

Football5Star.com, Indonesia – Pemain PSIM Yogyakarta, Achmad Hisyam Tolle tiba-tiba menjadi perbincangan hangat jagat maya pascapertandingan PSIM vs Persis Solo di Stadion Mandala Krida, Senin sore (21/10/2019).

Achmad Hisyam Tolle melakukan tindakan tak terpuji pada laga tersebut. Dirinya melakukan tendangan kungfu kepada salah seorang pemain Persis Solo. Tindakan tersebut ia lakukan setelah ia dikeluarkan wasit lantaran mendapat kartu merah.

Beberapa saat setelah ia dikeluarkan karena kartu merah, Hisyam Tolle yang sudah melepas bajunya tiba-tiba berlari dari arah bangku cadangan PSIM. Ia berlari kencang lalu meloncat sambil melakukan tendangan kungfu ke pemain Persis Solo.

Akibatnya, pertandingan pun sempat dihentikan sesaat hingga akhirnya kondisi laga tak memungkinkan untuk dilanjutkan. Wasit Zetman Pangaribuan menghentikan pertandingan di menit pertambahan waktu babak kedua.

Ternyata, prilaku Hisyam Tolle bukan baru terjadi kali ini saja. Dirinya tercatat sudah beberapa kali melakukan tindakan tak terpuji hingga indisipliner. Football5Star.com melakukan penelusuran terkait track record buruk karir dari sang pemain.

Berkelahi dengan Alfin Tuassalamony & Manahati Lestusen

Sindo News

Saat masih berbaju Persebaya Surabaya beberapa tahun lalu, ia sempat terlibat insiden perkelahian dengan beberapa pemain lainnya. Hisyam Tolle berkelahi dengan Alfin Tuassalamony dan Manahati Lestusen yang notabene adalah rekan satu timnya sendiri.

Dikutip dari laman Tribun Timur, kejadian itu terjadi pada latihan internal Persebaya di Lapangan Brigif 1 Marinir Sidoarjo. Tolle melakukan pelanggaran keras terhadap Alfin. Tak terima, Alfin mendatangi Tolle. Keduanya pun terlibat baku hantam. Melihat Alfin tengkar dengan Tolle, Lestusen datang dan mendorong badan Tolle. Ketiga pemain ini pun sempat baku pukul selama beberapa saat.

Indisipliner di Persiba Balikpapan

Jawa Pos

Bersikap indisipliner, Tolle sempat diminta latihan terpisah dari pemain lainnya. Ia pun dijatuhi hukuman dari manajemen Persiba karena indisipliner tersebut. Tak lama kemudian, ia mengundurkan diri dari Persiba Balikpapan.

Dipecat PSS Sleman

Tolle dipecat oleh PSS Sleman. Pelatih PSS, Seto mengatakan pemecatan tersebut adalah hasil evaluasi dari tim pelatih dan manajemen. Ini bukan hanya soal teknik, tapi juga kepribadian pemain di luar lapangan.

“Untuk Tolle, seperti yang saya bilang tadi. Selain teknik, kita juga lihat psikis, sisi emosionalnya dan pertimbangan-pertimbangan lainnya,” tutur Seto seperti dikutip dari Tribun Timur.

Adu Mulut dengan Pemain PSM

Instagram robertrenealbers

Hisyam Tolle pernah beradu mulut dengan pemain PSM saat ia masih berkostum Borneo FC pada musim 2018 lalu. Insiden itu terjadi setelah ia melanggar keras pemain PSM, Guy Junior. Guy ditekel keras olehnya. Meski terkena bola, ia juga melibas kaki dari Guy Junior.

Tolle yang notabene adalah orang Makassar dan mantan pemain PSM itu bukannya merasa bersalah dengan pelanggarannya yang dilakukan, ia justru memasang muka menantang ke Guy Junior.

Comments
Loading...