Selama 2 Pekan, Liga Spanyol akan Berlangsung Tanpa Penonton

Football5star.com, Indonesia – Otoritas Liga Spanyol mengeluarkan keputusan tegas. Untuk dua pekan ke depan, seluruh pertandingan LaLiga akan dilangsungkan tanpa penonton.

Keputusan ini tidak hanya mencakup Primera Division saja, tapi juga Segunda Division, atau kasta kedua Liga Spanyol. Larangan bermain tanpa penonton ini merupakan buntut dari penyebaran virus corona yang makin meluas di Eropa.

Pihak LaLiga sudah berkomunikasi dengan semua pemerintah otonom seluruh Spanyol. Semua wilayah menyepakati bahwa semua pertandingan sepak bola akan berlangsung tertutup demi menjaga kesehataan warganya.

“Pertandingan akan dimainkan secara tertutuo mulai hari ini, setidaknya untuk dua minggu ke depan. LaLiga akan tetap berhubungan dengan Kementerian Kesehatan Spanyol untuk mematuhi rekomendasi dan keputusan mereka yang mengutamakan kesehatan fan, pemain, dan jurnalis,” demikian pernyataan resmi LaLiga seperti dilansir Football Espana, Selasa (10/3/2020).

Ini adalah kebijakan lanjutan dari Dewan Olahraga Spanyol. Sebelumnya otoritas setempat sudah memerintahkan agar pertandingan olahraga lainnya, baik tingkat profesional maupun tidak harus dimainkan tanpa penonton.

Adapun LaLiga jadi kompetisi ketiga di Eropa yang memutuskan melangsungkan pertandingan tanpa penonton. Liga Italia adalah kompetisi pertama yang menetapkan laga berlangsung tertutup. Setelah itu Bundesliga Jerman mengikuti kebijakan itu.

Sebagai informasi, penyebaran virus corona di Spanyol saat ini sangat memprihatinkan. Pemerintah setempat mengonfirmasi 1.204 kasus corona di wilayahnya. Imbasnya, pemerintah Madrid dan Vitoria telah mengeluarkan anjuran untuk menutup semua pusat pendidikan selama 15 hari ke depan.