Semangat Nama Baru di Balik Kemenangan Getafe atas Barcelona

Football5Star.com, Indonesia – Kejutan tersaji pada jornada ke-5 Liga Spanyol 2020-21. Minggu (18/10/2020) dini hari WIB, Getafe menang 1-0 atas Barcelona berkat penalti Jaime Mata. Itu jadi kekalahan pertama El Barca di bawah asuhan Ronald Koeman.

Ada satu fakta menarik di balik kemenangan Getafe atas Barcelona tersebut. Beberapa hari sebelum laga berlangsung, kubu Los Azulones membuat sebuah kampanye dengan mengganti nama klub untuk sementara. Pada laga lawan Barcelona, mereka menggunakan nama Fe FC.

Bila diterjemahkan, Fe berarti keyakinan dalam bahasa Indonesia. Kampanye itu dibuat terkait pandemi COVID-19 yang berlarut-larut dan telah menyiksa begitu banyak orang di dunia. Manajemen Getafe ingin menunjukkan sikap sekaligus memberikan motivasi kepada semua orang untuk menghadapi kesulitan saat ini.

“Kampanye ini dibuat untuk menumbuhkan kesadaran dan menyuntikkan keberanian kepada para fan dalam menghadapi kesulitan luar biasa pada 2020,” urai pernyataan resmi Getafe seperti dikutip Football5Star.com dari Football Espana.

Sementara itu, mengenai nama yang dipilih sebagai nama sementara untuk laga lawan Barcelona, penjelasan datang dari Manajer Umum Clemente Villaverde. “Keyakinan adalah satu-satunya yang tak boleh hilang dari mereka,” kata dia.

Getafe Ulangi Kisah 2011

Tak dinyana, semangat yang diusung lewat kampanye itu berimbas pula pada permainan Marc Cucurella dkk. Meskipun kalah jauh dalam penguasaan bola, mereka mampu menyamai dalam jumlah tembakan. Bahkan, soal akurasi, mereka lebih baik. Dari 7 tembakan, 4 di antaranya tepat ke gawang lawan. Sementara itu, akurasi Barcelona hanya 2/7.

Pada laga di Coliseum Alfonso Perez itu, Getafe seperti punya keyakinan lebih untuk meraih kemenangan. Padahal, dalam 15 pertemuan sebelumnya, tak satu pun yang mampu mereka menangi. Sebanyak 12 laga bahkan berakhir dengan kekalahan.

Kemenangan 1-0 kali ini mengulang kisah Liga Spanyol musim 2011-12. Pada pertemuan di Coliseum Alfonso Perez, Getafe menang berkat gol tunggal Juan Varela yang memanfaatkan umpan Pablo Sarabia pada menit ke-68.

Itulah kemenangan terakhir Barcelona atas Barcelona. Kala itu, Los Azulones ditangani Luis Garcia, sementara El Barca dilatih Pep Guardiola. Itu merupakan musim terakhir Guardiola menangani Lionel Messi dkk.

BarcelonaGetafeLaLigaLiga Spanyol