Semen Padang Tak Mau Lagi Bantu Proses Naturalisasi Yu Hyun-koo

Football5star.com Indonesia – Klub Liga 2, Semen Padang, akhirnya mengurungkan niat membantu proses naturalisasi gelandang asal Korea Selatan, Yu Hyun-koo. Namun, tim beralias Kabau Sirah itu punya alasan kuat untuk membuat putusan tersebut.

Yu Hyun-koo, yang sempat bergabung dengan Semen Padang pada paruh musim Liga 1 2019, memang tengah menjajaki peluang menjadi WNI (Warga Negara Indonesia). Semula, klub siap membantu sekaligus memberi rekomendasi. Namun, niat itu akhirnya diurungkan.

pssi.org

Manajer Semen Padang, Effendi Syahputra, mengaku pihaknya bukan tidak mau membantu proses naturalisasi Yu Hyun-koo. Akan tetapi, peluang pemain berpaspor Korea Selatan itu menjadi WNI dirasa cukup kecil.

“Saya anggap tidak menjadi prioritas utama saat ini buat klub karena kebutuhan lain yang perlu dibenahi untuk klub,” kata Effendi Syahputra seperti dikutip Football5star.com dari Antaranews.

Effendi Syahputra mengatakan, pihak klub posisinya hanya membantu proses naturalisasi. “Saya pikir sulit untuk naturalisasi saat ini. Saya udah dapat info valid soal itu. Kalau klub lain mau mencoba, ya silakan,” katanya.

Kabar soal mundurnya Semen Padang dari rencana membantu Yu Hyun-koo sempat melebar. Alhasil, tak sedikit yang lantas mencibir pihak klub. Effendi Syahputra bilang, klub sudah berusaha maksimal tapi proses yang dihadapi memang rumit.

“Kami bantu untuk rekomendasikan. Tapi yang mengurus kan bukan kami. Ada agen khusus yang mengurus itu,” kata dia melanjutkan.

Saat menjabat sebagai manajer tim, Effendi Syahputra mengaku tidak ada juga kesepakatan tentang proses naturalisasi Yu Hyun-koo. Dia juga meminta agar suporter memahami kondisi tersebut.

“Semen Padang tim besar dan terus berjalan tidak hanya karena satu pemain saja. Klub ini harus terus berjalan secara kolektif karena tidak ada satu orang yang lebih besar daripada klub ini,” kata Effendi memungkasi.

Liga 2 2020Semen PadangYu Hyun-Koo