Semoga Christian Eriksen Tak Bernasib seperti Harald Nielsen dan Thomas Helveg

Football5star.com, Indonesia – Christian Eriksen resmi berseragam Inter Milan. Pemain asal Denmark itu dibandrol dengan nilai transfer sebesar 20 juta poundsterling untuk durasi kontrak 2024 dengan gaji sebesar 9 juta euro per musim.

Eriksen jadi pemain Denmark keempat yang direkrut Inter Milan. Ia juga jadi pemain ke-66 dari Denmark yang mengadu nasib di pentas Serie A Italia. Ialah winger kelahiran Kopenhagen, John Hansen jadi pemain Denmark pertama yang merasakan atmosfer Serie A.

John Hansen merantau ke Italia setelah direkrut oleh Juventus pada 1948 dari klub BK Frem. Capaian Hansen bersama Si Nyonya Tua cukup mentereng. Bermain hingga 1954, Hansen catatkan 124 gol dari 187 penampilan. Ia jadi bagian penting saat Juventus meraih gelar scudetto 1949/50 dan 1951/52.

getty images

Kembali ke Inter, klub yang saat ini dikuasai oleh milioner Cina baru pada 1967 membeli pemain asal Denmark. Harald Ingemann Nielsen direkrut Inter setelah bermain apik bersama Bologna di musim 1961 hingga 1967. Berposisi sebagai striker, Nielsen mencetak 104 gol bagi Rossoblu dari 157 caps.

Torehan gol ini yang membuat Helenio Herrera yang melatih Inter kepincut. Tidak diketahui pasti berapa jumlah fee yang harus dibayarkan Inter untuk bisa mendapatkan jasa Nielsen. Namun seperti dikutip Football5star.com dari sports-reference.com, Rabu (29/1/2020) fee yang harus dibayarkan Inter ke Bologna membuatnya jadi pemain termahal dunia saat itu.

Sayangnya penampilan Nielsen di Stadion Giuseppe Meazza tak memuaskan. Ia hanya bertahan satu musim bersama Inter dan hanya menorehkan 2 gol dari 8 pertandingan yang dijalani. Nielsen gagal total di Inter Milan. Setelah Nielsen, Inter tak pernah lagi merekrut pemain asal Denmark.

Thomas Helveg

Baru pada 2003-04, Inter kembali rekrut pemain asal Denmark. Ialah full back kanan Thomas Helveg jadi pemain Denmark kedua di Stadion Giuseppe Meazza. Hampir mirip dengan Nielsen, Helveg catatkan capaian apik bersama AC Milan sebelum hijrah ke Inter.

getty images

Helveg mengantarkan AC Milan meraih gelar scudetto 1998/99, juara Coppa Italia 2002/03 serta juara Liga Champions di musim yang sama. Namun capaian ini tak bisa diulangi oleh Helveg bersama Inter.

Sama seperti Nielsen, Helveg hanya bertahan satu musim membela Inter. Dari 23 penampilan, ia tak menorehkan satu gol pun. Pada akhir musim 2003/04, Helveg memilih untuk hijrah ke tim kecil Liga Inggris, Norwich City.

Ada juga nama Patrick Olsen yang merupakan jebolan akademi Inter. Sayangnya pemain berposisi bek ini tak pernah sekalipun merumput bersama tim senior Inter. Pada 2015, Olsen dilepas permanen ke klub Liga Norwegia, Haugesund.

Semoga saja Eriksen di Inter tidak hanya bertahan satu musim dan mengulangi catatan buruk pemain Denmark di klub berjuluk La Beneamata tersebut.

Christian EriksenInter MilanLiga ItaliaSerie A Italia