Sempurna di Grup, Jaminan Kolombia ke Final Copa America?

Football5Star.com, Indonesia – Catatan apik dibuat timnas Kolombia pada fase grup Copa America 2019. Tim asuhan Carlos Queiroz itu membukukan hasil sempurna. Bukan hanya selalu menang, mereka juga tak pernah kebobolan.

Kepastian mengemas hasil sempurna diraih saat James Rodriguez cs. menang 1-0 pada laga pamungkas Grup B, Senin (24/6/2019) dini hari WIB. Menghadapi timnas Paraguay yang membutuhkan kemenangan untuk lolos ke perempat final, Los Cafeteros menang 1-0 berkat gol Gustavo Cuellar pada menit ke-31.

Menilik fakta sejarah, hasil sempurna pada fase grup itu membuat timnas Kolombia dapat membayangkan berada di final. Sebelumnya, dalam tiga kesempatan terakhir, tim yang meraih nilai sempurna dan tak kebobolan pada fase grup selalu menjadi finalis.

Timnas Kolombia juara Copa America 2001 dengan meraih hasil sempurna dan tak kebobolan sepanjang turnamen.
radionica.rocks

Pada Copa America 1995, Brasil mencetak hasil sempurna saat fase grup. Kala itu, Carlos Dunga dkk. membukukan kemenangan 1-0 atas Ekuador, 2-0 atas Peru, dan 3-0 atas Kolombia. Berbekal hasil apik itu, mereka lolos ke final. Namun, Uruguay, sang tuan rumah, menaklukkan mereka lewat adu penalti setelah imbang 1-1 selama 120 menit.

Dua tahun berikutnya, Bolivia menyamai jejak Brasil. Bertindak sebagai tuan rumah, Marco Etcheverry cs. menang 1-0 atas Venezuela, 2-0 atas Peru, dan 1-0 atas Uruguay. Mereka lantas melaju ke final, tapi dihajar Brasil 3-1.

Pada Gelaran Copa America 2001, giliran Kolombia yang membukukan hasil sempurna pada fase grup. Victor Aristizabal dkk. menang 2-0 atas Venezuela, 1-0 atas Ekuador, dan 2-0 atas Cile. Catatan apik itu dibawa hingga akhir kompetisi. Mereka terus menang dan tak kebobolan. Pada laga final, gol tunggal Ivan Cordoba ke gawang Meksiko menjadikan mereka juara Copa America untuk kali pertama.

Catatan sejarah tersebut tentu menjadi pertanda baik bagi timnas Kolombia. Apalagi, Duvan Zapata dkk. dipastikan terhindar dari dua raksasa Amerika Selatan, Brasil dan Argentina. Andai terus melaju, mereka kemungkinan bertemu salah satu tim itu pada partai puncak Copa America 2019.

Comments
Loading...