Seorang Wasit Gay Dihina Fans Gara-Gara Memberi Hadiah Penalti

Kasus diskriminasi terhadap kaum gay masih marak terjadi di pentas sepak bola. Seperti yang terjadi di Spanyol, ketika wasit Jesus Tomillero diserang dengan hinaan oleh fans akibat orientasi seksualnya yang menyukai sesama jenis.

Tomillero memimpin laga di Liga Andalusia.antara Portuense melawan San Fernando Isleno pada akhir pekan lalu. Ketika dia memberikan penalti pada laga tersebut, sebuah hal yang tak diinginkan terjadi.

Putusan tersebut tak diterima suporter yang lantas melontarkan hinaan dan cemoohan terkait orientasi seksualnya.

“Itu adalah wasit gay yang ada di televisi. Dia bisa membuat gol dengan bokong, dasar gay!” sahutan para suporter kala itu menurut Guardian.

Tomillero mengungkapkan, hal paling buruk adalah ketika semua orang tertawa saat mendengar sahutan tersebut.

Pada akhirnya, dia tak tahan dan memilih untuk berhenti memimpin laga tersebut. Bahkan, dia langsung memutuskan keluar dari Asosiasi Sepak Bola Andalusia.

Tomillero sebenarnya sudah memulai menjadi wasit sejak usia 11 tahun dan bekerja di bawah piramida sepak bola Spanyol khususnya di Andalusia.

Dia pun sudah memprotes terkait derasnya hinaan yang datang sejak Maret lalu. Dia pernah dihina oleh seorang kit-man dari Pena Madridista Linense pada Liga U-19. Imbasnya, kit-man tersebut harus dihukum 9 laga dan 30 euro.

Sejak itu, dia terus mendapat hinaan hingga puncaknya pada laga akhir pekan lalu. Tomillero sebenarnya didukung oleh asosiasi wasit divisi utama. Tapi, berbeda dengan ofisial wasit untuk asosiasi di Andalusia, yang tak setuju dengan sikapnya mengungkap status orientasi seksualnya kepada publik.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More