Seorang Komentator Hina Wasit Wanita di Italia

Football5star.com, Indonesia – Ucapan tak pantas dilontarkan seorang komentator sepak bola Italia bernama Sergio Vessicchio. Ia melontarkan hinaan pada asisten wasit wanita bernama Annalisa Moccia.

Kejadian ini berlangsung saat pertandingan liga amatir di Italia yang mempertemukan Agropoli vs Sant’Agnello. Pada laga tersebut, Annalisa Moccia menjadi hakim garis, sementara Vessicchio memandu laga yang disiarkan langsung oleh TV lokal.

Akan tetapi, Vessicchio justru menunjukkan sikap tak terpuji sesaat setelah laga dilangsungkan. Ia mengeluarkan komentar yang diskriminatif terkait gender sang asisten wasit.

“Menjijikkan melihat perempuan datang memimpin pertandingan sepak bola pria. Ini adalah lelucon yang terjadi dari federasi,” kata sang komentator saat memandu pertandingan seperti dikutip Football5star.com dari Agronolanonews, Selasa (26/3/2019).

Ucapan tak senonoh ini kemudian menuai protes dari banyak pihak. Ia langsung dibebas tugaskan oleh Komite Jurnalis Nasional Italia selama 11 bulan ke depan. Hukuman ini bisa bertambah panjang andai sang komentator mengeluarkan komentar kontroversi lainnya di media.

Sementara itu, diskriminasi yang diderita Annalisa Moccia menarik simpati dari banyak pihak. Wasit-wasit wanita di seluruh dunia pun menunjukkan dukungannya pada sang kolega lewat media sosial.

Keberadaan wasit wanita di dunia sepak bola sejatiya bukan hal baru. Bahkan sudah banyak dari mereka yang memiliki lisensi FIFA dan memimpin pertandingan internasional. Di Jerman saja ada Bibiana Steinhaus yang menjadi wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan Bundesliga.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More