Sepak Bola Indonesia Harus Contoh Islandia

Football5Star.com – Sepak bola Indonesia harusnya bisa mencontoh Islandia yang mampu masuk ke Piala Dunia 2018. Padahal, mereka tak memiliki banyak jumlah populasi. Hal itu diungkapkan oleh salah satu anggota Komite Eksekutif PSSI, Refrizal.

Ungkapan itu diucapkan oleh Refrizal saat mengambil formulir pendaftaran calon ketua umum PSSI. Dalam visi-misinya, pria asal Sumatera Barat tersebut ingin PSSI secara bertahap membawa Timnas Indonesia tampil di pentas dunia.

Saat ini, program ke arah sana menurut Refrizal sudah ada. PSSI jua tengah menhalankan Elite Pro Academy, hingga Piala Soeratin untuk turnamen sia muda.

“Islandia saja cuma 300 ribu penduduknya, kalah sama kabupaten saya, Padang Pariaman, tapi bisa ikut Piala Dunia. Lah kita 260 juta. Bibit kita sebenarnya enggak salah, Timnas seniornya juga bukan jelek tapi tak berkesinambungan,” ungkap Refrizal kepada wartawan.

Dia mengambil contoh Evan Dimas. Generasinya terpotong dua tahun. Artinya, Evan menurutnya tak main bola selama dua tahun karena sepak bola Indonesia sempat dihukum FIFA lantaran campur tangan pemerintah beberapa waktu lalu.

“Sekarang, Evan sudah masuk dewasa usia 23 ke atas. Yang lain 24 tahun ke atas matangnya. Maradona aja dulu juaranya umur 25-26. Evan Dimas seharusnya kalau dia nggak terpotong pasti akan matang kalau tak terputus kompetisinya,” pungkas dia.

Bursa caketum PSSIRefrizalSepak Bola IndonesiaTimnas Indonesia