Sepak Bola Indonesia itu Unik, Tak Ada di Negara Mana Pun

Football5Star.com, Indonesia – Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, menyebut sepak bola di Indonesia unik dan sangat berbeda dengan negara mana pun. Hal itu merujuk dari belum jelasnya nasib Liga 1 2020.

Seperti diberitakan sebelumnya, klub-klub kontestan Liga 1 2020 bersepakat kalau kompetisi akan dilanjut per 1 November. Meski memang, izin kepolisian masih harus diusahakan oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator.

Kondisi itu tentu berdampak kepada tim, termasuk pelatih yang harus putar otak. Hal tersebut sangat dirasakan oleh Robert Alberts di Persib Bandung. Dengan nada menyindir, Robert menyebut kalau memang sepak bola Indonesia itu unik.

“Ini situasi yang unik, saya tahu itu, dan karena terjadi di Indonesia ini jadi lebih unik dari mana pun,” Kata Robert Alberts dikutip dari Ayo Bandung.

Robert Alberts sendiri harus memutar otak mengubah bahkan merombak susunan programnya. Apalagi sampai sekarang kelanjutan Liga 1 2020 juga belum jelas. Dia harus kembali mengubah program latihan buat pemain Persib.

“Ya saya harus mengubahnya, kami tidak bisa menggunakan program yang asli untuk saat ini, kami harus mengubahnya lagi. Bahkan saya sampai tidak tahu sudah berapa kali saya mengubah program untuk musim ini,” tutup Robert Alberts.

PSSI sendiri sebelumnya memiliki beberapa opsi untuk mengatasi tak turunnya izin. Andai 1 November tidak diizinkan, maka PSSI akan membuat skema dan jadwal baru, yakni pada 1 Desember 2020.

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan menyebut kalau terpaksa Liga 1 dimulai per 1 Januari tahun depan, maka akan dibagi dua wilayah. Formatnya mirip dengan ISL 2014 lalu.

“Intinya kompetisi lanjutan tahun 2020 ini akan diteruskan. Apakah mulai 1 November, 1 Desember atau 1 Januari 2021,” sebut Iriawan.

Liga 1 2020Persib BandungRobert Alberts