Sepak Bola: Polandia Belajar dari Kegagalan Empat Tahun Lalu di Rumah Sendiri

Polandia masih terkenang kegagalan pada putaran final Piala Eropa 2012 ketika mereka berstatus salah satu tuan rumah bersama Austria. Bermodal kegagalan itu, striker timnas Polandia, Arek Milik, berharap bisa memperbaiki prestasi pada Piala Eropa 2016 di Prancis.

Berbeda dengan empat tahun lalu kala menjadi tuan rumah, kali ini Polandia lolos ke putaran final dengan perjuangan sejak babak kualifikasi. Meski hanya finis sebagai runner-up grup di belakang Jerman, pencapaian serta kualitas Polandia diyakini sudah mengalami peningkatan.

“Kami harus melakukan lebih baik dari empat tahun yang lalu ketika finis sebagai juru kunci grup meski bermain di kandang,” ujar striker asal Ajax itu seperti dilansir Marca.

Milik merasa Polandia punya potensi untuk bisa melaju lebih jauh dari sekadar menjadi juru kunci grup pada tahun ini di Prancis.

“Akan menjadi kekecewaan besar jika tidak bisa melewati fase grup pada tahun ini. Memang tidak akan mudah, tapi saya ingin berada di Perancis untuk selama mungkin,” imbuhnya.

Pada Piala Eropa 2016, Polandia akan memercayakan posisi duet ujung tombak kepada Milik dan tandemnya, Robert Lewandowski. Selama babak kualifikasi, kedua pasangan itu total mengumpulkan 19 gol.

“Sangat bagus memiliki Lewandowski bersama Anda. Pelatih memercayai kami dan untuk beberapa tahun terakhir kami telah menjadi duo berbahaya, meskipun dia jauh lebih baik di antara berdya. Kami berdua penyerang, tapi saya bermain sedikit lebih ke belakang,” tutup Milik.

Polandia akan memulai petualangan di Piala Eropa 2016 dengan menghadapi Irlandia Utara pada 12 Juni di Nice.

Comments
Loading...