Serba-serbi Kualifikasi Piala Asia U-23 2020

Football5star.com, Indonesia – Timnas U-23 Indonesia akan memulai langkahnya di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 pada hari ini, Jumat 22 Maret 2019. Indonesia harus menempuh babak kualifikasi demi meraih tiket menuju ke Thailand, tuan rumah Piala Asia U-23 2020.

Timnas U-23 Indonesia lebih diuntungkan karena berada dalam satu grup bersama dengan para wakil dari Asia tenggara di grup K. Bandingkan dengan Malaysia yang harus berjibaku dengan Cina di Grup J atau Myanmar yang satu grup dengan Jepang di Grup I.

Lalu, apa saja serba-serbi dan syarat kelolosan Timnas U-23 Indonesia ke putaran final Piala Asia U-23 2020? Football5star merangkumnya untuk kalian.

Jumlah Peserta
Serba-Serbi Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 - Football5star - AFC
AFC

Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 awalnya diikuti oleh 44 peserta. AFC sendiri memiliki 47 anggota yang tiga di antaranya tidak terlibat dalam kualifikasi ini. Mereka adalah Guam, Bhutan, dan Northen Mariana.

Sementara Pakistan memutuskan mundur dari kualifikasi Piala Asia U-23 2020, padahal mereka telah mengikuti undian dan tergabung di Grup F bersama Uzbekistan, Tajikistan, dan India. Absennya Pakistan membuat seluruh pertandingan yang melawan peringkat keempat di masing-masing grup, tak akan masuk dalam perhitungan poin.

Format Pertandingan dan Kelolosan
Serba-Serbi Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 - Football5star - Inside World Football
Inside World Football

Pertandingan akan digelar dalam 90 menit. Jika ada pertandingan yang berakhir imbang, maka tidak akan dilakukan perpanjangan waktu, apalagi tendangan adu penalti. Dalam babak kualifikasi 43 peserta dibagi dalam sebelas grup yang tiap grup diisi oleh empat peserta. Khusus untuk Grup F hanya diisi dengan tiga grup lantaran Pakistan memutusan mundur.

Para juara grup dari masing-masing grup dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2020. Selain itu, empat runner up terbaik juga akan lolos ke babak putaran final.

Lalu, bagaimana dengan Thailand yang selaku tuan rumah, tapi masih mengikuti kualifikasi? Apa pun hasil kualifikasi, Thailand dipastikan lolos dengan status tuan rumah. Namun, jika Thailand menjadi juara grup atau runner up grup, maka jumlah runner up terbaik yang lolos menjadi lima peserta.

Kira-kira begini. Jika Thailand menjadi juara grup, Indonesia menjadi runner up dan dalam perhitungan runner up terbaik Indonesia berada di peringkat kelima, maka Indonesia dan Thailand lolos ke putaran final. Lalu, jika Indonesia menjadi juara grup dan Thailand menjadi runner up, maka poin Thailand di peringkat runner up tak dihitung.

Perhitungan Poin
Serba-Serbi Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 - Football5star - FourFourTwo
FourFourTwo

Seperti yang tertuang dalam Buku Regulasi Piala AFC U-23 2020, maka penentuan posisi di klasemen didahului dari poin. Namun, jika memiliki poin yang sama, yang selanjutnya dihitung adalah selisih gol antar tim yang memiliki poin yang sama, lalu beranjak ke jumlah gol yang dicetak.

Lalu, bagaimana menentukan posisi di Runner Up terbaik? Mundurnya Pakistan akibat tensi yang masih memanas dengan India mengubah peta persaingan. Poin yang didapat saat melawan peringkat keempat di masing-masing grup tak akan dihitung. Hal ini untuk mengakomodir jumlah poin maksimal yang bisa didapat dari Grup F yang hanya memiliki tiga peserta.

Seperti yang tertulis dalam buku regulasi, maka jumlah poin dari para runner up grup akan menjadi yang pertama dihitung. Baru bergeser ke selisih gol antar tim di semua grup. Jika masih sama, bergeser ke jumlah gol yang dicetak saat melawan dua tim di babak grup.

Jika dalam perhitungan tersebut masih sama, maka beranjak ke poin disiplin. Yakni poin yang didapat dari jumlah kartu kuning dan merah. Untuk kartu kuning, mendapat satu poin. Kartu kuning dua kali yang menghasilkan kartu merah diganjar dengan tiga poin. Kartu merah langsung juga mendapatkan tiga poin. Sementara kartu kuning yang diikuti dengan kartu merah diberikan empat poin.

Tim yang mendapatkan poin disiplin terendah akan mendapat kesempatan lolos lebih besar. Dan cara terakhir yang dipakai apabila poin masih sama adalah undian.

Comments
Loading...