Serba-Serbi Piala Dunia 2018 Rusia

Zabivaka menjadi maskot resmi gelaran Piala Dunia 2018. (football5star.com/zimbio.com)
zimbio.com

Football5Star.com, Indonesia – Setelah ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018, Rusia langsung mempersiapkan diri untuk menyukseskan ajang terbesar sepak bola tersebut. Salah satu cara yang sudah lumrah dilakukan setiap negara pelaksana adalah dengan meluncurkan beberapa produk khas.

Tidak terkecuali keberadaan maskot, bola, poster, lagu resmi, atau yang lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar setiap gelaran Piala Dunia memiliki ciri khasnya masing-masing.

BOLA RESMI

Faktor paling dasar dari permainan sepak bola adalah bola itu sendiri. Kendati berawal pada tahun 1930, ajang Piala Dunia sejatinya baru memiliki bola resmi pada tahun 1970 bernama Telstar. Berselang 48 tahun, Telstar kembali menjadi bola resmi Piala Dunia 2018 dengan nama Telstar 18.

Telstar 18
sportsmarketing.fr

Masih menggunakan dasar warna hitam dan putih yang sama seperti tahun 1970, Telstar 18 menampilkan desain yang lebih modern dan mengadopsi teknologi yang dimiliki bola pada Piala Dunia 2014, Bracuza. Tapi ada perbedaan mencolok dari bola-bola sebelumnya karena pada bola keluaran Adidas ini ditanamkan chip NFC untuk mendukung Video Assistant Referee (VAR).

Akan tetapi, sejak pertama kali digunakan pada jeda internasional lalu, Telstar 18 banyak menuai kritik dari para pemain, terutama kiper, seperti David De Gea, Marc-Andre Ter Stegen, dan pemain lainnya. Kritik ini tentu pun seakan mengulang ketidak puasan pesepak bola pada bola Jabulani di Piala Dunia 2010 lalu.

Bola Resmi Piala Dunia Sejak 1970

Piala Dunia 1970
BolaResmi: Telstar

Piala Dunia 1974
Bola Resmi:
Telstar Durlast

Piala Dunia 1978
Bola Resmi:
Tango

Piala Dunia 1982
Bola Resmi:
Tango Espana

Piala Dunia 1986
Bola Resmi:
Azteca

Piala Dunia 1990
Bola Resmi:
Etrusco

Piala Dunia 1994
Bola Resmi:
Questra

Piala Dunia 1998
Bola Resmi:
Tricolore

Piala Dunia 2002
Bola Resmi:
Fevernova

Piala Dunia 2006
Bola Resmi:
Teamgeist

Piala Dunia 2010
Bola Resmi:
Jabulani

Piala Dunia 2014
Bola Resmi:
Brazuca

MASKOT

Keberadaan maskot pada Piala Dunia lebih dulu muncul daripada bola resmi. Tepat pada Piala Dunia 1966 di Inggris maskot pertama event empat tahunan itu muncul. Ketika itu, Inggris memperkenalkan Willie, seekor singa yang merupakan simbol kerajaan Inggris.

zabivaka
fifa.com

Pada ajang Piala Dunia 2018 kali ini, Rusia memunculkan serigala bernama Zabivaka. Uniknya, Zabivaka terpilih lewat pemungutan suara yang dilakukan FIFA secara online dan mengalahkan dua kandidat lainnya (kucing dan harimau). Selain itu, si pembuat maskot juga seorang mahasiswi jurusan desain bernama Yekaterina Bocharova.

FIFA menyebutkan bahwa Zabivaka menggambarkan sosok yang menarik, percaya diri, senang bergaul, dan selalu bermimpi menjadi bintang sepak bola. Olahraga favoritnya adalah sepak bola. Dia pemain yang sportif, menghargai anggota tim, dan menghormati lawan-lawannya.

Maskot Resmi Piala Dunia Sejak 1966

Piala Dunia 1966
Maskot:
World Cup Willie

Piala Dunia 1970
Maskot:
Juanito

Piala Dunia 1974
Maskot:
Tim & Tap

Piala Dunia 1978
Maskot:
Gauchito

Piala Dunia 1982
Maskot:
Naranjito

Piala Dunia 1986
Maskot:
Pique

Piala Dunia 1990
Maskot:
Ciao

Piala 19941994
Maskot:
Striker

Piala Dunia 1998
Maskot:
Footix

Piala Dunia 2002
Maskot:
Ato, Kaz, & Nik

Piala Dunia 2006
Maskot:
Goleo & Pille

Piala Dunia 2010
Maskot:
Zakumi

Piala Dunia 2014
Maskot:
Fuleco

POSTER RESMI

Poster resmi Piala Dunia tidak pernah absen sejak gelaran pertama 1930 silam di Uruguay. Seakan ingin kembali ke masa lampau, Rusia meluncurkan poster Piala Dunia 2018 dengan gaya klasik. Menggunakan ilustrasi gambar kiper legendaris Rusia, Lev Yashin, poster anyar ini pun terlihat sangat gagah dan elegan.

poster
dezeen.com

Pembuat poster, Igor Gurovich mengakui karyanya tersebut terinspirasi dari kehebatan Yashin dan ingin merekrontruksi kehebatan sepak bola ketika masih bernaung di bawah Uni Soviet yang ketika itu menjadi salah satu kekuatan besar di Eropa. Yashin memang pemain terhebat sepanjang masa Rusia dan hingga kini ia menjadi satu-satunya kiper yang meraih Ballon d’Or.

Kedigdayaan Yashin juga terlihat jelas dari poster tersebut, yang mana ia sedang melompat tinggi untuk menangkap bola. Selain menggambarkan sosok Yashin dengan gaya khasnya, dalam poster ini juga digambarkan warna wijauh yang merefelksikan daratan Rusia yang sangat luas, terlebih ada 12 stadion dari 11 kota yang disiapkan selama Piala Dunia berlangsung.

Comments
Loading...