Serie A Bakal Ubah Format Kompetisi?

Football5star.com, Indonesia – Presiden Asosiasi Sepak Bola Italia (FIGC), Gabriele Gravina, membuka peluang untuk mengubah format kompetisi Serie A suatu hari nanti. Gravina ingin melihat kompetisi kasta teratas Italia menggunakan format play-off.

Gravina membuka peluang untuk mengubah format kompetisi agar Serie A menjadi liga yang lebih kompetitif. Ia merasa cukup puas dengan performa para tim kasta teratas sepanjang musim 2020-21.

“Saya adalah salah satu suporter terbesar dari kompetisi yang menggunakan format play-off. Tapi, kami tentu tak bisa menggunakan format tersebut untuk keseluruhan liga,” kata Gabriele Gravina dikutip dari laman Football Italia.

Serie A - Italia - Gabriele Gravina - CalcioToday
CalcioToday

“Musim ini, Serie A menjadi kompetisi yang menarik dan sangat kompetitif. Tapi, kami tetap akan mencari cara agar kompetisi di masa depan bisa berjalan lebih menarik dan semakin tak tertebak,” kata Gravina menambahkan.

Di Eropa, babak play-off biasanya hanya digunakan untuk menentukan tim-tim yang berhak meraih tiket promosi atau turun kasta. Sementara, penentuan juara dilakukan dengan format kompetisi round robin yang biasanya berlangsung selama 10 hingga 11 bulan.

Babak play-off menjadi sesuatu yang lebih umum di dunia olah raga Amerika Utara. Pasalnya, NFL, NBA, MLS hingga Liga MX. MLS sudah menggunakan format play-off semenjak pertama kali didirikan pada 1994 silam. Sementara, babak play-off di Liga MX sudah berlaku semenjak 1970.

Adanya babak play-off membuat MLS dan Liga MX menjadi kompetisi yang menarik. Pasalnya, kedua kompetisi tersebut hampir selalu memiliki juara yang berbeda setiap musimnya.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More