Seruan Mundur Pengurus PSSI Disuarakan Pengamat Terkait Naturalisasi

Football5star.com, Indonesia – Pengamat sepak bola, Akmal Marhali menyayangkan wacana yang keluar ke publik terkait naturalisasi pemain muda Brasil. Menurut Akmal, naturalisai pemain asing justru membunuh potensi pemain muda Indonesia.

Menurut Akmal saat dihubungi Football5star.com, Jumat (21/8/2020) jika bicara investasi jangka panjang di sepak bola, hal terbaik yang dilakukan adalah membina dan membangun anak bangsa sendiri.

“Indonesia negara besar. Merdeka lewat kekuatan sendiri. Naturalisasi membunuh potensi anak negeri dan bukti ketidakpercayaan diri,” ucap Akmal.

Dengan tegas Akmal bahkan meminta pengurus PSSI yang hanya menginginkan jalan pintas dengan naturalisasi untuk mengundurkan diri karena tak bisa membina para pemain muda Indonesia.

“Tugas pengurus PSSI adalah membina pemain produk dalam negeri untuk berprestasi. Bila tak mampu dan memilih jalan pintas, naturalisasi, lebih baik mengundurkan diri.” ucapnya.

Bagi Akmal, naturalisasi saat ini seperti proyek bisnis. Padahal menurutnya, naturalisasi bukan solusi terkait mandeknya prestasi timnas Indonesia.

“Itu terkesan delusional. Naturalisasi memberikan kemudahan kepada orang asing untuk mendapatkan pekerjaan lebih panjang di sepakbola nasional,”

“lming-iming membela tim MerahPutih. Pilihan yang dilakukan karena mereka memang tidak punya peluang membela negara asalnya. Betapa banyak yang nyatanya tidak memberikan manfaat buat peningkatan prestasi timnas. Yang ada justru mengubur peluang pemain lokal,” tambahnya.

Akmal menegaskan bahwa naturalisasi adalah jalan pintas yang harus dihindari oleh PSSI. Selain itu menurutnya saat ini FIFA sudah mulai memperketat proses naturalisasi pemain asing di satu negara.

NaturalisasiPSSITimnas Indonesia