Setelah 2,5 Tahun, Manuel Neuer Akhirnya Absen di Liga Champions

Football5Star.com, Indonesia – Hal tak biasa akan dijalani Manuel Neuer pada tengah pekan ini. Saat Bayern Munich menjalani laga melawan Atletico Madrid pada matchday V Liga Champions, dia hanya akan bersantai di rumahnya. Sebelumnya, selama 2,5 tahun, dia tak pernah merasakan hal tersebut.

Kali terakhir Neuer absen membela Bayern pada pentas Liga Champions 2017-18. Kala itu, gara-gara cedera metatarsal, dia hanya tampil sekali, yakni saat menjamu Anderlecht. Setelah itu, hingga leg II semifinal di kandang Real Madrid pada 1 Mei 2018, dia absen.

Begitu pulih dari cedera, Neuer kembali jadi andalan dan selalu tampil pada semua laga Liga Champions yang dilakoni Bayern. Total, hingga matchday IV melawan RB Salzburg lalu, dia tampil dalam 23 laga beruntun. Dia pun berkontribusi bresar pada rekor 15 kemenangan beruntun yang diraih Die Roten.

sport.de

Kini, setelah 2,5 tahun, Neuer akhirnya absen lagi. Bedanya, dia tak cedera, tapi sengaja diistirahatkan oleh pelatih Hansi Flick. Bukan hanya kiper berumur 34 tahun itu yang tak dibawa ke markas Atletico Madrid. Striker Robert Lewandowski serta duo gelandang tengah Leon Goretzka dan Corentin Tolisso pun diberi istirahat oleh sang pelatih.

“Lewandowski, Neuer, Goretzka, dan Tolisso akan tetap di sini (Munich). Mereka akan berisitrahat. Coco menderita cedera tapi tak serius dan mungkin kembali saat lawan Leipzig pada akhir pekan. Selain mereka, semua pemain akan berada di skuat,” kata Hansi Flick seperti dikutip Football5Star.com dari Sportbuzzer.

Neuer Bersyukur Bisa Istirahat Sejenak

fcbinside.de

Putusan Flick mengistirahatkan Manuel Neuer, Robert Lewandowski, dan Leon Goretzka setidaknya ditentukan oleh dua hal. Pertama, Bayern akan menjalani big match melawan RB Leipzig pada akhir pekan nanti. Kedua, Die Roten sudah memastikan lolos ke babak 16-besar Liga Champions. Apa pun hasil pada dua laga terakhir, mereka bahkan dipastikan tetap juara grup.

Langkah Flick tersebut disambut baik oleh Neuer. Bukannya marah atau kesal, kapten timnas Jerman itu justru bersyukur. Pasalnya, sejak Liga Jerman dan Liga Champions dimulai lagi setelah lockdown, dia hampir tak punya waktu istirahat. Kesempatan menarik napas hanya datang saat diberi dispensasi oleh timnas Jerman.

“Tentu saja aku akan menonton pertandingan itu. Bagiku, penting untuk istirahat sesekali, terutama dengan jadwal yang sangat padat pada beberapa pekan dan bulan belakangan ini. Aku akan berlatih agar siap lagi untuk laga lawan Leipzig pada akhir pekan,” ujar Neuer.

Ketiadaan Manuel Neuer jadi ujian tersendiri bagi Hansi Flick dan Bayern Munich. Dalam beberapa laga terakhir, kecekatan sang kiperlah yang menghindarkan Die Roten dari kekalahan, bahkan menentukan kemenangan.

Atletico MadridBayern MunichLiga ChampionsManuel Neuer