Setelah Lima Laga, Wasit Akhirnya Manfaatkan VAR

Football5Star.com, Indonesia – Rusia 2018 menjadi ajang Piala Dunia pertama yang menggunakan Video Assistant Referee (VAR). Tapi teknologi terbaru itu baru dimanfaatkan pada pertandingan Prancis vs Australia, atau lima laga setelah partai pembuka.

Ialah Andres Cunha, wasit pertama yang menggunakan VAR di Piala Dunia 2018. Pengadil asal Uruguay itu harus menganulir keputusannya saat Antoine Griezmann dijatuhkan di kotak terlarang. Sempat bergeming, ia kemudian memastikan Prancis mendapat hadiah penalti setelah melihat tayangan ulang.

Walau sempat diprotes penggawa Australia, Cunha tetap pada keputusan keduanya. Bukan hanya satu penalti yang diberikan sang wasit di laga tersebut. Tapi tendangan 12 pas yang diberikan pada Australia lima menit kemudian bukan berasal dari analisis VAR.

Hingga berita ini diturunkan, Piaa Dunia 2018 sudah menggelar enam pertandingan dan menghasilkan 17 gol. Namun, baru pada satu pertandingan saja wasit memanfaatkan VAR.

zimbio.com

Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya disebabkan oleh jarangnya pelanggaran yang bisa menimbulkan kontroversi di kotak terlarang. Selain itu, kejelian wasit dalam memimpin pertandingan juga bisa menjadi pertimbangan lainnya.

Di sisi lain, Cunha juga membuat keputusan penting lain ketika mensahkan gol yang dicetak Paul Pogba pada babak kedua. Tendangannya yang menerpa mistar gawang memantul ke bawah dan terlihat sudah melewati garis gawang.

Kemenangan Prancis ini pun membuat mereka kini menempati peringkat pertama Grup C dengan tiga poin. Sedangkan Australia berada di posisi buncit.

Jangan lupa ikutan kuis Football5star.com. Prediksi skor pertandingan Piala Dunia 2018 dengan kesempatan membawa pulang Mobil Honda Brio, Motor Honda Vario, Motor Honda Beat, dan banyak lagi hadiah menarik. Buruan daftar di kuis.football5star.com

Comments
Loading...