Shevchenko Samakan Pandemi Corona dengan Tragedi Chernobyl

Football5star.com, Indonesia – Legenda AC Milan, Andriy Shevchenko, berkomentar soal pandemi corona. Ia menyebut dampak virus tersebut sudah seperti tragedi Chernobyl di Ukraina.

Seperti diketahui, Andriy Shevchenko adalah legenda asal Ukraina. Ia tahu betul bagaimana dampak luar biasa rakyat Ukraina saat meledaknya fasilitas nuklir di Chernobyl.

Bagi pria yang akrab disapa Sheva ini, apa yang terjadi saat ini dengan munculnya pandemi corona sama dengan yang dirasakan rakyat Ukraina dan sebagian besar wilayah Eropa saat tragedi Chernobyl terjadi.

chernobyl-time and date
Time and Date

Saya berada di dekat London, tinggal di luar kota. Saya tidak bisa ke mana-mana selama 10 hari ini. Kita menjalani saat yang sulit dan berharap keadaan bisa baik kembali. Satu-satunya solusi adalah menghormati aturan yang diterapkan pemerintah,” ujar Sheva kepada Sky Sport Italia, Minggu (29/3/2020).

“Saya mengalami situasi yang sangat mirip ketika berusia sembilan tahun saat pembangkit listrik Chernobyl pecah. Itu adalah masa sulit. Satu-satunya solusi adalah percaya pada keputusan pemerintah. Kami tidak harus melakukan hal bodoh, terutama tidak meninggalkan rumah,” ia menambahkan.

Sebagai informasi, meledaknya pabrik nuklir Chernobyl terjadi pada 1986 silam. Ribuan orang meninggal dunia akibat tragedi tersebut. Tidak hanya itu, banyak pula yang mengalami cacat permanen karena terpapar radiasi. Tragedi tersebut pun tidak cuma menyerang manusia. Hewan-hewan yang ada di sana juga mati akibat radiasi.

Sementara itu, pandemi corona telah memakan puluhan ribu jiwa di seluruh dunia. Negara yang paling berdampak sejauh ini adalah Italia. Bagaimana tidak, sudah ada 10 ribu orang meninggal akibat corona.