Shin Tae-yong Curhat ke Media Asing Soal Mentalitas Buruk Pemain Timnas

Football5star.com, Indonesia – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong kembali menegaskan bahwa para pemain Indonesia sebenarnya memiliki skill bermain bola yang sangat bagus namun yang jadi masalah besar ialah di persoalan mentalitas.

Kepada media Korea Selatan Kyunghyang Shinmun, Jumat (1/1/2021), Tae-yong menyebut bahwa sejak awal ia datang melatih Indonesia, pemain Indonesia memang bermasalah dari segi fisik dan mentalitas.

Laga Timnas U-19 Indonesia di Spanyol Akan Live di TV Nasional?

“Indonesia berada di peringkat ke-173 dalam peringkat FIFA. Saya harus pergi dan memilih pemain tanpa mengetahui siapa mereka. Jadi saya meminta pelatih lokal untuk merekomendasikan. Di awal kami mengumpulkan pemain sekitar 60 orang dan pergi ke suatu tempat bernama Cikarang,” kata Tae-yong.

“Saya melihat para pemain awalnya hanya mampu bermain 20 menit dan sisanya mereka kesulitan. Saat itu saya berpikir, ‘saya harus mengubah kekuatan mental dan fisik mereka terlebih dahulu’,”

“Atlet Indonesia menghela nafas saat berolahraga. Ketika Anda mencapai 70 persen dari kekuataan fisik, itu berhenti. Jadi saya tidak bisa mencapai titik maksimal. Tidak ada yang bisa mencapai 100 persen. Di sana, saya memahami masalahnya,”

“Keterampilan para pemain bagus tapi mentalitas paling buruk. Jadi saya fokus mentalitas para pemain, kekuataan fisik dan skill mereka pada akhirnya meningkat secara alami,” sambung Tae-yong.

Diakui Shin Tae-yong, ia kemudian menerapkan sejumlah metode pelatihan yang sebelumnya belum pernah diterapkan di tim yang ia latih. Hal itu semata agar pemain timnas Indonesia terus mengalami peningkatan fisik dan mental.

“Jadi saya melakukan latihan yang belum pernah saya terapkan sebelumnya. Saya mulai merasakan perubahannya. Para pemain mulai mengerti dan paham dengan sendirinya dan mulai berlatih secara individu,”

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More