Shin Tae-yong Disebut Terlalu Sering Bicara Tak Pantas

Football5Star.com, Indonesia – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong disebut terlalu banyak bicara yang tak pantas di media Korea Selatan. Pendapat itu disampaikan oleh mantan pelatih interim Indonesia, Yeyen Tumena.

Yeyen sendiri menyoroti dari gejolak-gejolak antara kedua belah pihak. Pernyataan Shin yang menyoroti kinerja PSSI bahkan sampai menyebut nama, tentu dianggap oleh Yeyen tak pantas.

“Jujur saja, sebagai pelatih menurut saya Shin Tae-yong terlalu banyak mengucapkan kata-kata yang tidak pantas, termasuk meremehkan pemain Indonesia,” ungkap Yeyen Tumena kepada wartawan.

“Seharusnya, pelatih harus memberikan motivasi dan perkataan yang posistif kepada pemain dan timnya. Bukankah dia dibayar mahal untuk memperbaiki sepak bola Indonesia?” sambung dia.

Gajinya Dipangkas 50 Persen Oleh PSSI, Begini Reaksi Shin Tae-yong Shin Tae-yong: Pelatih Bukan Pesulap!
PSSI

Mantan bek PSM Makassar itu melihat dari sisi etika. Sejak awal kedatangan Shin ke Indonesia, ada hal yang menurutnya aneh. Mungkin memang, sang pelatih disebutnya bukan tipe orang yang gampang percaya.

“Mungkin dia tipe pria yang sulit percaya pada orang asing di luar rekan senegara. Begitu datang, Shin Tae-yong menyingkirkan Danurwindo dari Dirtek PSSI. Tapi, 3 hari kemudian duduk lagi bersama Danurwindo untuk membicarakan programnya. Terlihat tidak elok,” papar dia.

Pelatih punya, kata Yeyen Tumena, memang punya karakter berbeda-beda dalam bekerja dan berpartner dengan wartawan. Tapi, membahas masalah internal tim lewat wartawan adalah jauh dari pikirannya.

“Sama saja seperti wartawan membuka masalah internal perusahaan di media tempat dia bekerja dan menerima gaji kepada orang lain, apakah pimpinan Anda akan senang melihatnya?,” tutup Yeyen.