Shin Tae-yong Pakai Pakem 4-4-2, Mantan Pelatih Timnas Indonesia Buka Suara

Football5Star.com, Indonesia – Pakem formasi 4-4-2 yang diterapkan Shin Tae-yong di Timnas U-19 Indonesia tentu membawa angin baru di sepak bola tanah air. Hal itulah yang disuarakan oleh mantan pelatih Timnas Indonesia yang dua kali raih runner-up SEA Games, Rahmad Darmawan.

Memang, kebanyakan klub-klub Indonesia memakai pakem formasi 4-3-3 atau 4-2-3-1. Meski memang, tim seperti Persib Bandung jua menduetkan dua striker di depan dengan formasi 4-4-2.

“Ya soal formasi bermain di satu tim itu menurut saya tentu sudah diperhitungkan oleh seorang pelatih, dengan materi pemain yang dipunyainya,” kata Rahmad Darmawan saat dihubungi wartawan.

Rahmad Darmawan Minta Pemain Muda Banyak Belajar Ke Pemain Senio

“Sekarang banyak kok di klub-klub Indonesia yang main dengan 4-4-2. Persib main 4-4-2, terus kemudian tim saya di awal-awal saya main 4-4-2, kenapa karena saya punya stok striker banyak,” papar dia.

Dengan pakem formasi 4-4-2, menurutnya memang sangat menutut para gelandang bekerja keras. “Saya punya gelandang-gelandang yang kuat dan seimbang dalam bertahan menyerang,” kata Rahmad Darmawan.

Formasi yang diterapkan Shin Tae-yong, kata Rahmad Darmawan, biasanya sudah dipikirkan matang-matang olehnya. Apalagi jelas ini bisa membawa angin segar karena rata-rata Timnas Indonesia selalu andalkan satu striker di depan.

“Jadi buat saya sebuah formasi itu hanya membantu memudahkan kerja seorang pelatih yang juga bisa menguntungkan sebuah tim dengan kualitas pemain yang disesuaikan. Jadi artinya bukan sebuah hal yang harus dibuat atau jadi sebuah patokan bahwa dengan 4-4-2 pasti akan gagal atau akan berhasil gitu,” tutup Rahmad Darmawan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More