Shin Tae-yong Resmi Punya Jabatan Strategis di Olahraga Korsel

Football5star.com, Indonesia – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong resmi ditunjuk menjadi anggota dewan penasihat federasi olaraga Korea Selatan. Organisasi ini dibentuk oleh para mantan atlet profesional di Negeri Gingseng tersebut.

Dikutip Football5star.com dari mk.co, Sabtu (4/7/2020) Shin menjadi anggota dewan penasehat organisasi tersebut bersama dengan mantan kiper timnas Korsel, Kim Byung-ji. Organisasi ini sendiri bertujuan membantu pemerintah Korsel untuk mengembangkan olahraga di negara tersebut.

Ketua dari organisasi ini sendiri adalah anggota Olimpiade Korsel yang juga ketua federasi tenis meja Korsel, Yoo Seung-min. Organisasi ini sendiri pada 2019 lalu ditunjuk oleh pemerintah Korsel untuk mengadakan pelatihan olahraga secara nasional di negara tersebut.

Olahraga di Korsel memang sangat pesat dibanding negara-negara di Asia lainnya. Tidak hanya sepak bola, atlet Korsel di cabang olahraga lain sudah terbukti menjadi yang terhebat.

Sejak 1996, raihan emas Korsel di Olimpiade selalu stabil dan cenderung meningkat. Berbeda dengan Jepang yang pada Olimpiade 2004 sukses meraih 16 emas, tapi menurun menjadi sembilan emas pada Olimpiade 2008.

Pemerintah Korsel lewat Kementerian Olahraga dan Pariwisata memang tak tanggung-tanggung untuk urusan pembinaan olahraga di negara tersebut. Diangkatnya Shin Tae-yong jadi penasehat organisasi olahraga Korsel harusnya bisa jadi kebanggaan tersendiri bagi sepak bola Indonesia.

Kendati berada di Korea Selatan, Tae-yong tidak melupakan tugasnya. Ia memimpin langsung TC timnas Indonesia U-19, yang digelar secara virtual sejak Mei hingga Juni lalu dengan diikuti 44 pemain.

Dalam waktu dekat, eks pelatih Korsel di Piala Dunia 2018 itu akan segara kembali ke Indonesia. Tae-yong harus memimpin timnas Indonesia untuk melakoni laga sisa Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Armada Garuda bakal melawan Thailand (8 Oktober 2020), Uni Emirat Arab (13 Oktober 2020), dan Vietnam, (12 November 2020).

KorselPSSIShin Tae-yongTimnas IndonesiaTimnas Ko