Shin Tae-yong Soal Timnas U-19 ke Korsel: Tim-Tim Sana Lebih Kuat

Football5Star.com, Indonesia – Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong, buka suara soal alasan ingin sekali boyong skuatnya ke Korea Selatan. Dia bilang kalau di sana bisa mendapatkan lawan uji coba lebih tangguh.

Seperti diketahui, selain melakoni pemusatan latihan (TC) di Jakarta, Timnas U-19 Indonesia memang dijadwalkan bakal ke Korsel. Mereka rencananya akan terbang pada 16 Agustus tapi kemungkinan batal lantaran TC di Jakarta sempat tertunda dua kali.

Ide membawa Garuda Muda ke Korsel lahir dari Shin Tae-yong. Sang pelatih tentu memiliki alasan tersendiri mengapa ingin membawa timnas ke negaranya. Dia menyebut kalau di sana, Timnas U-19 akan mendapatkan lawan uji coba yang tangguh sehingga bisa mengasah kualitasnya.

“Jadi pertama, kenapa pilih TC di Korea? Karena di Korea sangat aman dan tim-tim di sana lebih kuat daripada di sini,” ungkap Shin Tae-yong kepada awak media.

Selain Korsel, Timnas U-19 jua berencana untuk menggelar TC di Eropa. Beberapa negara saat ini tengah dijajaki, salah satunya Belanda. Hal itu jua melalui persetujuan Shin.

“Untuk para pemain, meningkatkan kemampuan masing-masing. Pasti bagus di sana. Tapi karena ada permasalahan karantina dua minggu di sana, jadi kita pernah bicarakan tentang TC di Eropa karena ada beberapa negara yang tidak perlu karantina,” sambung Shin Tae-yong.

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, sebelumnya jua berharap Timnas U-19 Indonesia nantinya tak akan melakukan karantina setibanya di Korea Selatan. Apalagi, seluruh jajaran tim sudah menjalani pengecekan secara ketat sampai tiga kali Swab Test.

“Ternyata ke Korea tak semudah dibayangkan karena 14 hari karantina juga. Ini jadi permasalahan buat saya. Karena anak-anak di sini kan sudah clear. Kalau 14 hari jadi permasalahan sendiri. Pemain sampaikan terlalu lama. Kalaupun itu terjadi ya apa boleh buat,” ujar Iriawan.

mochamad iriawanShin Tae-yongTimnas U-19 Indonesia