Siapa Sosok yang Ada di Kaus Subasic?

Football5Star.com, Indonesia – Danijel Subasic menjadi buah bibir saat timnas Kroasia memenangi adu penalti melawan timnas Denmark di babak 16-besar Piala Dunia 2018, Senin (2/7/2018). Dia menahan tiga eksekusi lawan. Namun, tanda tanya muncul saat dia memperlihatkan kaus yang dipakai di balik kostum kipernya. Ada foto seseorang di sana. Siapakah dia?

Sosok yang ada di kaus Subasic itu ternyata adalah mantan rekannya semasa di NK Zadar, Hrvoje Custic. Satu dekade lalu, Custic meninggal dunia karena sebuah musibah di lapangan. Setelah berduel dengan seorang pemain lawan, kepalanya membentur tembok yang menyangga teralis pemisah tribun dengan lapangan.

Danijel Subasic saat menyelematkan eksekusi pemain timnas Denmark.
independent.co.uk

“Aku mengenal Hrvoje sejak memulai karier sepak bola. Kami punya hubungan sangat baik dan berkawan akrab. Dia adalah kapten tim junior Zadar. Seorang pemain yang mencetak banyak gol,” kisah Subasic pada April silam seperti dikutip Football5Star.com dari 24Sata.

“Kami semua menyukai dia. Kami kemudian bersepakat memakai kaus bergambar dirinya pada laga berikut. Saat itu pulalah aku berjanji memakai kaus itu hingga akhir karierku,” tambah Subasic. “Hervoje-ku akan terus bersamaku selamanya. Bukan hanya di kaus, melainkan di hatiku. Istirahatkah dalam damai, sahabatku…”

Janji itu terus dipegang teguh oleh kiper AS Monaco tersebut. Di klub dan timnas Kroasia, di ajang apa pun, dia selalu memakai kaus bergambar Custic sebelum mengenakan kostum kiper. “Aku memakainya saat di Hajduk (Split) dan kini di Monaco. Aku memakainya di Liga Champions, Piala Eropa, dan akan tetap memakainya pula di Piala Dunia,” terang dia.

Usai pertandingan melawan timnas Denmark, kiper berumur 33 tahun itu tak lupa mendedikasikan tiga penyelamatannya dalam adu penalti untuk mendiang sang sahabat. Begitu berhasil menahan penalti lawan, dia langsung menengadah ke langit.

Tiga penyelamatan dalam adu penalti itu juga sangat istimewa. Subasic menyamai rekor yang dibuat kiper timnas Portugal, Ricardo, saat melawan timnas Inggris di Piala Dunia 2006.


Jangan lupa ikutan kuis Football5star.com. Prediksi skor pertandingan Piala Dunia 2018 dengan kesempatan membawa pulang Mobil Honda Brio, Motor Honda Vario, Motor Honda Beat, dan banyak lagi hadiah menarik. Buruan daftar di kuis.football5star.com

Comments
Loading...