Sihir Ole Bangkitkan Setan Merah

Football5star.com, Indonesia – Manchester United perlahan keluar dari tren buruk. Itu berkat kedatangan Ole Gunnar Solskjaer yang menggantikan Jose Mourinho di kursi manajer pada pertengahan Desember 2018.

Lima laga perdana di bawah kendali Solskjaer, Setan Merah berhasil menyapu bersih kemenangan. Paul Pogba dan kolega seolah keluar dari situasi buruk yang dialami ketika Mourinho masih melatih.

Dalam waktu singkat, Solskjaer berhasil mengangkat moral anak asuhnya. Manajer asal Norwegia tersebut membawa aura positif sejak tiba di Old Trafford.

Beda situasinya saat Mourinho masih memimpin Man. United. Dia tidak segan mengkritik keras pemainnya di media dan bahkan beberapa kali terlibat konflik dengan Pogba.

Jose Mourinho, Paul Pogba, Manchester United

“Ole memiliki kepribadian yang menular kepada semua orang. Dia sangat positif dan selalu optimistis. Saya pikir Anda bisa melihat itu menular dan itu yang membuat kemampuan terbaik pemain keluar,” kata asisten manajer Man. United, Michael Carrick.

Terinspirasi Ferguson

Perubahan lain yang terlihat dari gaya bermain Man. United. Tak ada lagi permainan pragmatis yang kerap mengandalkan serangan balik dan umpan panjang seperti pada era Mourinho.

Terbukti, Man. United mampu melesakkan 16 gol sejak Solskjaer duduk di kursi manajer. Statsitik menyerang mereka pun menunjukkan tren yang lebih baik ketimbang pada era Mourinho.

Solskjaer mengaku terinspirasi dengan mantan manajer Man. United, Sir Alex Ferguson. Selain berusaha menjaga keutuhan skuat, dia pun gemar memainkan taktik ofensif. Persis dengan Ferguson yang menukangi Setan Merah selama lebih dari dua dekade.

Sir Alex Ferguson - Ole Gunnar Solskjaer - Manchester United - Sky Sports

Ferguson merupakan sosok yang sangat berpengaruh bagi Solskjaer. Keduanya bekerja sama sebagai manajer dan anak didik selama sembilan musim. Bahkan, Solskjaer juga banyak belajar dari pria asal Skotlandia itu sebagai manajer ketika saat menjadi staf pelatih tim senior hingga arsitek tim cadangan Setan Merah.

“Saya memang mendapat gaya manajerial dari Sir Alex. Dia membawa pengaruh yang sangat besar bagi saya, tetapi kepribadian kami berbeda,” ungkap Solskjaer, seperti dilansir Sky Sports. “Kami hanya ingin melihat semua orang mengekspresikan diri. Itu yang membuat saya bahagia.”

Harapan Bagi Bintang Muda

Kedatangan Solskjaer juga mendongkrak motivasi para pemain muda Man. United. Di tangannya, Marcus Rashford, Anthony Martial, Luke Shaw dan Jesse Lingard lebih mendapat kepercayaan. Mereka pun membayarnya dengan tampil bagus dalam pertandingan.

Manchester United - Lukaku - Rashford - Newcastle - Football5star

“Seperti yang dikatakan Sir Matt (Busby), jika bagus, mereka (pemain-pemain muda) sudah cukup dewasa. Kami harus mempertahankan tradisi itu. Kami membutuhkan para pemain muda. Itu penting bagi para pemain akademi bahwa saya melihat perkembangan para pemain,” jelas dia, seperti dilansir Standard.

Beberapa hal tersebut menjadi kiat sukses Solskjaer bersama Man. United. Tak heran apabila sejumlah pemain berharap manajemen klub mempertahankan manajer asal Norwegia tersebut. Dukungan juga datang dari beberapa rekan setimnya dulu.

“Secara personal, saya senang jika Ole mendapatkan pekerjaan itu (manajer Man. United). Orang membahas rekor dia di Cardiff. Bukan tidak menghormati, tetapi kita bicara dua klub yang berbeda,” kata David May, mantan bek Setan Merah.

Statistik Solskjaer vs Mourinho di Premier League 2018-19

                                                                Solskjaer               Mourinho

Main                                                      4                              17

Gol                                                          3,5                          1,7

Kebobolan                                            0,75                        1,7

Total Tembakan                                 15                           12,7

Tembakan Akurat                              8,5                          6

Total Tembakan Lawan                    10                           13,9

Tembakan Akurat Lawan                 2,8                          5,2

Ball Possession                                     67%                        53,2%

Operan                                                   661,3                      496,2

Comments
Loading...