Sikap Gerard Pique Dapat Pujian Dari Politisi Spanyol

Football5star.com, Indonesia – Prahara referendum Catalonia belum selesai. Langkah politik yang cukup membuat gaduh daratan Iberia tersebut berimbas ke ranah sepak bola di daerah tersebut. Mulai dari wacana Barcelona dan Espanyol akan bergabung ke liga lain, hingga komentar-komentar yang terlontar dari para pemain terkait hal ini. Salah satu yang vokal menyuarakan hak rakyat Catalonia adalah Gerard Pique.

Beberapa waktu lalu, pemain yang lahir di Barcelona tersebut memprotes reaksi pemerintah Spanyol dalam menyikapi referensum di sana. Ratusan warga yang hendak memberikan hak suara, mendapat intimidasi fisik dari aparat keamanan yang berjaga. Pique merasa masyarakat di sana diperlakukan seperti kriminal di sana. Ia mengaku akan mendukung apa pun keputusan mayoritas warga Catalonia terkait referendum.

Langkah Pique tersebut langsung mendapat reaksi dari berbagai kalangan. Banyak yang menuding suami Shakira tersebut mendukung perpecahan nasional. Namun, sipak Pique mendapat pujian dari salah satu politisi Spanyol, Pablo Iglesias. Menurutnya, jarang ada yang memilki nyali untuk blak-blakan seperti mantan pemain Manchester United tersebut. Pendapat tersebut dilayangkan melalui akun Twitter miliknya.

“Aku bukan fans Barcelona, bukan juga orang Catalan. Tapi, apa yang telah dilakukan Pique telah membuatku bangga. Ia secara berani mempertahankan idealismenya meski mendapat banyak kecaman,” ungkap Pablo.

Kekerasan yang terjadi dalam referendum di akhir September tersebut membuat pertandingan antara Barcelona melawan Las Palmas harus digelar tanpa penonton. Usai laga, Pique menyebut laga tersebut merupakan pengalaman terburuk yang ia alami sebagai pesepak bola.

 

Comments
Loading...