Simon McMenemy: Sayang Sekali Indonesia, Vietnam Sudah di Depan

Football5Star.com – Eks pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, buka suara soal perbandingan sepak bola tanah air dengan Vietnam. Menurutnya, Vietnam sudah beberapa langkah di depan karena semuanya mendukung timnasnya maju.

Seperti diketahui, Simon dipecat dari Timnas Indonesia karena serangkaian hasil buruk di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Indonesia bersamanya bukan cuma tak bisa menang, tapi belum meraih satu poin pun di Grup G.

Usai dipecat, Simon sendiri sedikit menyentil PSSI usai melihat sepak bola Vietnam yang harusnya menjadi contoh. Sayang, kata dia, PSSI tak cakap dalam melakukan pembinaan usia muda.

“Saya mendapatkan banyak kritikan soal ini karena orang2 tak suka mendengar hal seperti ini. Tapi, terkadang kita harus melepas kacamata suporter kita dan sedikit mundur untuk menilai,” ungkap Simon McMenemy dalam Youtube BangBes.

Simon McMenemy: Sayang Sekali Indonesia, Vietnam Sudah di Depan

Hal yang Vietnam lakukan dengan baik, kata dia, semua orang duduk di meja bekerja sama mengembangkan sepak bola. Liganya juga, sebut Simon, tak memakai pemain muda, tak dikontrak, dan pemainnya diberikan kepada timnas.

“Lalu timnas membuat jadwal pemain muda di seluruh dunia untuk ikut turnamen dan TC. Mereka dibuat sibuk sepanjang tahun sampai mereka tak bisa bergabung d liga. Jadi pemain muda itu ketika sudah berusia 23-24, sudah bermain lama sejak 4-5 tahun dalam grup yang sama, pelatih sama dan perkembangannya jadi bagus,” papar Simon.

Sekarang, Vietnam selalu memiliki 5 sampai 6 pemain muda yang bagus di Timnas Senior untuk sekadar magang. Vietnam, disebutnya, berkembang karena punya organisasi terstruktur.

“Semua pihak setuju, tak ada yang coba bilang tidak, main dulu bersama kami baru ke timnas, tak ada perseteruan dengan klub di liga. Jadi ketika semua pihak bekerja sama, ini adalah hal yang akan bisa terjadi. Sayang sekali, Indonesia, Vietnam sudah beberapa langkah di depan,” pungkas Simon McMenemy.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More