Simon McMenemy: Sepak Bola Indonesia Selalu Ada Kekuatan dan Politik!

Football5Star.com, Indonesia – Eks pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, menyebut sepak bola tanah air sudah dipengaruhi beberapa hal. Komentar itu dilontarkannya saat diwawancarai salah satu media asal Inggris.

Pelatih asal Skotlandia itu memang bukan hal baru di sepak bola Indonesia. Namanya mulai tenar saat membawa Filipina ke semifinal Piala AFF 2010, kemudian gagal total kala direkrut MItra Kukar dan Pelita Jaya rentang 2011 sampai 2013.

Sempat meredup, tapi dia sukses saat menangani Bhayangkara FC. Bahkan, Simon berhasil mengantarkan gelar juara Liga 1 edisi pertama kali untuk klub yang bermarkas di Stadion PTIK itu.

Eks Pelatih Timnas Selalu Merinding Tiap Dengar Lagu Indonesia Raya
Twitter PSSI

“Saya menangis. Dipecat, dan pindah ke beberapa negara sebelum kembali, tidak ada yang bisa disembunyikan di sepak bola Indonesia. Saya berusaha tegar, karena saya bukan pelatih medioker. Pria Inggris Raya bertato ini datang untuk membuat kejutan di liga,” ungkap Simon McMenemy dikutip dari The Press And Journal.

Namun saat itu Bhayangkara FC yang dipimpinnya kehilangan tempat di kualifikasi Liga Champions Asia karena tak memiliki lisensi AFC. Slot itu akhirnya diambil Persija Jakarta yang finis di urutan keempat saat itu.

“Ini bukan hanya tentang sepak bola, jarang di Indonesia. Selalu ada hal lain yang terjadi. Selalu ada sudut pandang lain, apakah itu kekuatan, politik, pengaruh atau uang. Sebagai pelatih Anda harus berdamai dengan itu jika Anda akan bekerja di negara ini,” tutup Simon McMenemy.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More