Singkirkan Bosnia, Irlandia Melaju ke Putaran Final

Republik Irlandia berhasil memenangi laga Play-off Piala Eropa 2016 kontra Bosnia Herzegovina. Di leg kedua, Irlandia menang 2-0 untuk lolos ke putaran final di Prancis.

Menjamu Bosnia di Aviva Stadium, Selasa (17/11/2015) dinihari WIB, Irlandia yang bermain imbang 1-1 di pertemuan pertama beberapa hari lalu, lolos dengan keunggulan agregat 3-1

Sejak menit awal, Irlandia dan Bosnia sama-sama tampil menyerang di mana mereka sama-sama bikin delapan shots namun tuan rumah unggul lima berbanding empat on target milik tim tamu.

Meski demikian, Irlandia selama 90 menit kalah penguasaan bola di mana Bosnia punya 64 persen ball possesion.

Keunggulan Irlandia dibuka di menit ke-24 ketika wasit menunjuk titik putih usai Ervin Zukanovic dinilai menyentuh bola crossing Daryl Murphy dengan tangannya.

Jon Walters sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya, di mana dia dengan tenang melepaskan tendangan kaki kanan untuk mengecoh Asmir Begovic.

Setelah gol tersebut, Bosnia berupaya mencari gol penyama kedudukan tapi ketangguhan Darren Randolph di bawah mistar.

Irlandia akhirnya menambah keunggulan pada menit ke-70. Diawali situasi free kick, Robbie Brady mengirim bola ke dalam kotak penalti. Bola sempat dihalau oleh Ognjen Vranjen.

Tapi bola justru mengarah ke Walters yang berdiri tak terkawal di sisi kanan. Dia lantas menyambar bola liar dengan sepakan voli untuk mencetak gol keduanya sekaligus memantapkan keunggulan tuan rumah dan bertahan hingga laga usai.

Dengan kemenangan ini, Irlandia mengulang pencapaian mereka kala lolos ke Piala Eropa 2012 di Austria-Swiss. The Boys in Green untuk ketiga kalinya tampil di pesta sepakbola Eropa itu setelah yang pertama di tahun 1988.

Irlandia juga jadi tim kedua yang lolos dari babak play-off setelah kemarin Hongaria yang menyingkirkan Norwegia.

Dua tiket tersisa masih akan diperebutkan oleh empat tim, Rabu (18/11/2015) dinihari WIB. Swedia akan melawat ke kandang Denmark di leg kedua, sementara Slovenia akan menjamu Ukraina.

Susunan Pemain

Irlandia: Randolph, Brady, Keogh, Clark, Coleman, McCarthy, Whelan (O’Shea 90′), Walters, Hoolahan (McClean 55′), Hendrick, Murphy (Long 55′)

Bosnia: Begovic, Kolasinac, Spahic, Zukanovic, Medunjanin (Djuric 69′), Vranjes, Pjanic, Visca, Cocalic (Besic 46′), Lulic (Ibisevic 80′), Dzeko

 

Bosnia HerzegovinaPlay-off Piala Eropa 2016Republik Irlandia