Skandal FFP Terungkap, Manchester City Bela Diri

Football5star.com, Indonesia – Belum lama ini, muncul laporan investigasi soal keterlibatan petinggi FIFA dalam menutupi pelanggaran Financial Fair Play (FFP) oleh Manchester City. Merasa eksistensinya terusik, pihak The Citizens pun mengeluarkan pernyataan resmi.

Menurut laporan, Gianni Infantino melakukan beberapa pertemuan rahasia dengan perwakilan The Citizens, sambil membawa paket rahasia. Intinya adalah penawaran agar semua berjalan lancar dan tim sekota Manchester United tersebut bisa bebas dari jeratan hukuman.

“Kami tidak akan memberikan pernyataan atau komentar apa pun terkait data yang dengan sengaja diretas pihak tertentu dari City Football Group. Percobaan untuk merusak repurasi klub dilakukan secara sistematis dan terorganisir,” demikian bunyi salah satu perwakilan klub, dikutip dari Sky.

Bantahan dari klaim tersebut datang dari Footall Leaks yang menyatakan bahwa semua data terpublikasi dengan jelas. Termasuk soal pernyataan Infantino terkait bocornya informasi penting yang juga menyeret beberapa nama klub top Eropa.

“Pekerjaanku melibatkan percakapan dengan banyak orang. Jika tidak demikian, bagaimana aku bisa menjalankan tugas dengan baik. Jika ada pihak yang menganggap ini kotor, aku pun tak  bisa berkata banyak demi kepentingan sepak bola,” papar Infantino.

Gianni Infantino - FFP - Manchester City - Football5star
squawka.com

Gianni Infantino yang kala itu masih menjabat Sekretaris Jenderal UEFA, pernah “menjamin” keselamatan The Citizens dari ancaman hukuman FFP. Hal ini terkait gelontoran dana tidak terbatas dari pemilik klub yang tidak lain adalah taipan papan atas asal Qatar.

Investasi besar-besaran tersebut menimbulkan kondisi neraca keuangan yang tidak seimbang. Padahal, FFP hadir untuk mengawasi aktivitas transfer klub-klub Eropa agar tidak semena-mena menghabiskan banyak uang demi membangun tim kuat.

City pun sempat mendapatkan hukuman dari UEFA yakni denda sebesar 49 juta pounds. Selain itu, mereka harus melakukan perampingan skuat dengan hanya boleh membawa 21 pemain, dari 25 orang kuota normal untuk Liga Champions 2014/15.

Comments
Loading...