Skenario Timnas U-23 Indonesia untuk Lolos Setelah Takluk dari Vietnam

Footbal5Star.com – Setelah kalah dari Vietnam, langkah Timnas U-23 Indonesia tentu memiliki langkah berat demi lolos ke semifinal. Mereka paling tidak harus menang besar dalam dua laga terakhir melawan Brunei Darussalam dan Laos.

Kekalahan itu menempat Timnas U-23 Indonesia dalam posisi sulit. Mereka sementara ada d urutan ketiga dengan enam poin, sama dengan Thailand di posisi kedua. Hal itu karena Thailand memiliki produktivitas gol lebih baik, yakni +8 sedang Indonesia +3. Vietnam sementara memuncaki klasemen.

Betul, Indonesia sukses mengalahkan Thailand pada partai pembuka. Tapi, dalam SEA Games 2019 ini yang kali pertama dihitung adalah jumlah agresivitas gol terlebih dahulu. Sudah jelas, saat melawan Brunei dan Laos, Indonesia bukan cuma menang, tapi wajib berpesta gol.

Berikut Skenario-skenario kelolosan Timnas U-23:

Vietnam Menang atau Seri Lawan Thailand

Indra Sjafri - timnas Vietnam - Indonesia - Kompas
Kompas

Meski dipuncak, Vietnam masih menyisakan laga sulit, yakni menghadapi Thailand. Tentu, sekarang Indonesia sangat berharap Vietnam akan kalahkan Thailand.

Sebab andai bisa menuntaskan dua laga sisa dengan kemenangan dan Thailand kalah dari Vietnam, Indonesia bisa mengunci posisi runner-up grup dengan poin 12. Sedangkan Thailand akan gagal dengan 9 poin. Atau paling tidak Thailand vs Vietnam berakhir imbang. Maka, pada klasemen akhir Thailand hanya dapat 10 poin, Indonesia 12 poin.

Berharap ke Singapura dan Berpesta Gol

Timnas U-23 Vietnam menang 2-1 atas timnas U-23 Indonesia pada lanjutan fase grup SEA Games 2019

Indonesia masih bisa lolos dengan status juara Grup B. Hal itu andai Thailand bisa menang lawan Vietnam, dan Singapura kalahkan Vietnam. Maka nanti klasemen akhir, Indonesia dan Thailand berhak lolos dengan 12 poin, sedang Vietnam tetap 9 poin.

Untuk mengunci juara grup, Indonesia harus berpesta gol guna mengungguli agresivitas gol dari Thailand. SUlit memang, tapi setidaknya Indonesia paling tidak bukan cuma sekadar menang melawan Brunei dan Laos, tapi harus dengan skor besar.

Kini, nasib Indonesia memang sangat tergantung dengan hasil Thailand vs Vietnam. Kuncinya nanti di laga tersebut.

Comments
Loading...