Skotlandia Juara Piala Dunia? Cuma di Prangko!

Football5Star.com, Indonesia – Skotlandia merupakan juara Piala Dunia 1978. Anda tidak salah baca! Tulisan itu muncul di perangko yang dipamerkan di New Postal Museum London, pekan ini. 

Parlemen Skotlandia merupakan pencetus gagasan itu. Niatan itu tak lepas dari dua ajang besar yang dihadapi rakyat Skotlandia pada 1978 dan 1979. 

Pada 1978, The Tartan Army – julukan timnas Skotlandia – tampil di putaran final Piala Dunia yang dilangsungkan di Argentina. 

Setahun setelahnya, akan ada referendum untuk menentukan independensi pihak legislatif negara tersebut yang selalu terikat dengan London – pusat pemerintahan Kerajaan Inggris. 

Untuk mendukung referendum tersebut, tercetuslah ide untuk memanfaatkan momentum sepak bola lantaran masyarakat negara tersebut tengah euforia atas keberhasilan lolos Tartan Army. 

Negara di utara Inggris itu lolos ke putaran final setelah menjadi pemuncak grup saat kualifikasi. Mereka menyisihkan tetangganya, Wales, serta juara Piala Eropa 1976, Cekoslovakia. 

Sejumlah desain prangko dibuat. Pasukan Ally MacLeod terlihat mengangkat trofi pada sejumlah rancangan yang telah dibuat. 

Nahas bagi Scottish Assembly, momentum memanfaatkan sepak bola sebagai upaya memengaruhi pendapat masyarakat tak terwujud. 

Skotlandia gagal total di Piala Dunia 1978. Alih-alih menjadi juara dunia, mereka harus tersisih di fase grup lantaran kalah selisih gol dari Belanda yang lolos sebagai peringkat kedua di bawah Peru. 

Kenny Dalglish dkk memang menang 3-2 atas Belanda. Namun, mereka secara mengejutkan seri melawan Iran dan kalah dari Peru. 

Kandas di fase grup, niat membuat prangko keberhasilan Skotlandia juara Piala Dunia pun urung dilakukan. 

Referendum setahun selepas Piala Dunia juga gagal memenuhi harapan parlemen karena tak memenuhi kuorum. 

“Royal Mail memang perlu membuat desain dan mencetak terlebih dulu karena proses pembuatannya makan waktu,” kata Chris Taft, Ketua Divisi Koleksi Museum Pos London kepada BBC, Jumat (28/7/2017). 

“Andai Skotlandia juara, Royal Mail pasti akan membuatnya untuk menandakan keberhasilan itu. Prangko ini memang telah diproduksi dan didesain, tetapi tak pernah dirilis,” tuturnya lagi. 

Timnas Skotlandia menjalani masa keemasan pada 1970-1980-an. Mereka lolos lima kali beruntun ke Piala Dunia. 

Namun, sejak terakhir kali berpartisipasi pada 1998, Tartan Army tak pernah lagi melangkah ke putaran final. 

Comments
Loading...