Smalling Bukti Filosofi Van Gaal Tak Sia-sia

Manajer Manchester United, Louis van Gaal merasa filosofi yang diterapkannya tidak sia-sia. Van Gaal menyebut Chris Smalling sebagai pemain Man. United yang paling berkembang di bawah asuhannya.

Banyak kritik dialamatkan kepada Van Gaal sejak ditunjuk sebagai manajer Man. United musim lalu. Salah satunya datang dari legenda Setan Merah, Paul Scholes.

Kendati demikian, Van Gaal tetap berpegang teguh kepada pendiriannya. Pasalnya, dia melihat filosofi yang diterapkannya menuai hasil positif yang bisa tercermin dari perkembangan permainan Smalling.

Meski sempat dilanda krisis, Smalling tampil impresif di jantung pertahanan Man. United. Setan Merah menjadi klub Premier League dengan tingkat kebobolan paling sedikit, yakni delapan gol dari 12 laga.

“Kami baru saja mengembangkan para pemain yang bagi saya sebagai seorang pelatih adalah hal yang utama,” seru Van Gaal, seperti dilansir Sky Sports.

“Saya senang membantu dalam perkembangan pemain dan dia (Smalling) mengembangkan dirinya dalam banyak hal,” lanjut arsitek asal Belanda itu.

“Tidak hanya satu, melainkan dalam banyak aspek dan itu sebabnya anda bisa melihat dia adalah pemain yang berbeda. Saya tidak ingin menjawab pertanyaan tersebut karena terlalu positif,” pungkasnya.

Man. United bercokol di posisi keempat klasemen sementara dengan dua poin. Mereka terpaut dua angka dari penghuni dua posisi teratas, yakni Manchester City dan Arsenal.

Dalam lanjutan Premier League, Sabtu (21/11), Michael Carrick dan rekan-rekan bakal bertandang ke Stadion Vicarage Road untuk menantang tuan rumah Watford.