Soal Kualifikasi Piala Dunia 2022, PSSI Setuju dengan Malaysia

Football5Star.com, Indonesia – Kabar Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang diundur sampai Juni 2021 sudah didengar oleh PSSI. Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengaku akan menerima apapun keputusan dari AFC dan FIFA asal semua negara peserta setuju.

Sejatinya, Kualifikasi Piala Dunia 2022 dijadwalkan akan berlanjut per Maret mendatang. Namun, karena situasi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum juga mereda, maka kabarnya AFC mengundur pertandingan.

Pengunduran tersebut juga atas saran dari Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM). Mereka mengusulkan kalau pertandingan lanjutan diundur ke Juni 2021 dan dipusatkan di satu negara saja. Bagaimana respons PSSI?

“Bila negara-negara peserta lain menyepakati demikian maka PSSI menyetujui dan menghargainya,” ungkap Yunus Nusi dinukil dari Antara.

“Kami memang berkomunikasi dengan Sekjen FAM. Mereka mohon dukungannya agar Kualifikasi Piala Dunia 2022 dialihkan ke Juni 2021 karena pandemi Covid-19,” sambung dia.

Meski demikian, PSSI sendiri mengaku kalau sampai saat ini AFC belum memberikan keputusan terkait nasib Kualifikasi Piala Dunia Qatar. Mereka baru bisa menyebut kalau lanjutan kualifikasi ditunda saat AFC memberi surat resmi.

“Secara resmi harus ada keputusan FIFA dan AFC. Kami masih menunggu soal ini karena hampir semua negara peserta setuju jika Kualifikasi ditunda ke Juni 2021,” tutup dia.

Timnas Indonesia sendiri tak berdaya dalam lima partai di Grup G Kualifikasi Piala Dunia Qatar. Bahkan, mereka tak mampu meraih satu poin pun karena menelan lima laga tersebut dengan kekalahan.

Akan tetapi, masih ada peluang buat skuat Garuda lolos ke Piala Asia 2023 melalui jalur play-off. Hal itu bisa terjadi andai Timnas Indonesia mampu melibas habis tiga laga sisa dengan kemenangan.

Kualifikasi Piala Dunia 2022PSSITimnas IndonesiaYunus Nusi