Soal Makan Sembarangan, Sosok Ini Ingin Jangan Hanya Pemain yang Disalahkan

Football5Star.com, Indonesia – Mantan fisioterapis Timnas Indonesia, Matias Ibo sampai buka suara soal viral pemain yang makan sembarangan. Dia menyebut kalau sebenarnya hal itu bukan hanya salah pemainnya.

Seperti diketahui, soal menu makanan pesepak bola belakangan tengah jadi sorotan tajam dari netizen. Banyak pemain yang mengunggah makanannya yang dianggap oleh warganet sembarangan. Mulai dari makanan pedas, sampai berlemak.

Ada tiga pemain yang belakangan disorot karena makan sembarangan, yakni M Riyandi, Gian Zola, dan Hansamu Yama. Banyak netizen yang heran pesepak bola tapi makan makanan sembarangan. Tapi, Matias Ibo punya pendapat lain.

“Daripada menyalahkan pemain ada baiknya melihat dan siapa yang mengizinkan makanan tersebut? Apakah dari SSB sudah diajarkan dan dibiasakan makanan yang baik? Bagaimana dengan menu di klub. Apakah 100% dikontrol oleh ahli nutrisi?,” tulis Matias Ibo saat berkomentar dalam unggahan @pengamatsepakbola.

“Atau pemain tidak mengetahui makanan apa yang harus dipilih karena memang tidak pernah sebelumnya diajarkan dan diulang terus-menerus sampai paham. Saya tidak akan menyalahkan pemain tetapi mempertanyakan sistem yang ada kenapa sampai bisa begitu,” sambung dia.

Dokter Persija Jakarta, Donny Kurniawan, jua menyebut kalau sebenarnya pesepak bola menyadari makanan yang akan dikonsumsinya. “Kadang kita suka menghakimi terlalu berat kepada mereka. Sesekali mereka makan kita langsung menghakimi. Mereka pun takut kok kalau performa mereka menurun apalagi bila cuma karena masalah makan,” papar Donny Kurniawan.

Hansamu YamaHansamu Yama Pranatapesepak bola makan sembarangan