Soal Pemain Muda Berharga Mahal, Dortmund dan Real Madrid Teratas

Football5star.com – CIES Football Observatory baru saja merilis daftar pesepak bola muda (lahir sesudah 2002) dengan nilai jual yang tinggi. Di dalam daftar, Borussia Dortmund dan Real Madrid ternyata paling unggul.

Bagaimana tidak, Dortmund menyumbang dua nama di peringkat dua teratas pesepak bola muda berharga jual tertinggi. Dua nama itu adalah Jadon Sancho (198.5 juta euro) dan Erling Haaland (101 juta euro).

Real Madrid menguntit tepat di bawah dua pemain Dortmund. Bahkan, El Real pun menyumbang dua nama di peringkat ketiga dan keempat, yakni Vinicus Junior (88,9 juta euro) dan Rodrygo Goes (73,9 juta euro).

Melengkapi lima besar daftar pesepak bola muda berharga jual tertinggi versi CIES Football Observatory adalah Callum Hudson-Odoi. Pemain muda Chelsea yang sempat dinyatakan terinfeksi virus corona itu memiliki nilai jual 72,3 juta euro.

CIES Football Observatory Transfer Value Young Players

Sementara dalam lingkup 10 besar, Liga Inggris menyumbang nama terbanyak. Selain Callum Hudson-Odoi, di 10 besar daftar CIES Football Observatory itu ada tiga pemain lain. Mereka adalah Mason Greenwood (Manchester United, 50,6), Phi Foden (Manchester City, 50,4), dan Moise Kean (Everton, 46).

CIES Football Observatory memang rutin merilis daftar seperti nilai jual, ranking, dan lainnya. Algoritma yang dipakai untuk menyusun formula perhitungan pun tidak sembarangan. Ada beberapa variabel yang melatari penilaian CIES.

Khusus untuk nilai jual, mengacu kepada: usia, durasi kontrak, status internasional, perkembangan karier, performa, inflasi, level ekonomi, dan level olahraga.

Pesepak Bola Muda Mahal, CIES Football Observatory Transfer Value