Soal Perhitungan Poin, PT LIB Akan Surati Klub

Football5star.com, Indonesia – PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana mengirimkan surat ke seluruh klub tentang mekanisme penghitungan poin untuk menentukan juara Liga 1.

Saat ini, ada lima klub yang masih berpeluang meraih gelar juara. Kelima klub itu adalah Bhayangkara FC, Bali United, PSM Makassar, Persipura Jayapura, dan Madura United.

Saat ini, Bhayangkara menjadi pemuncak klasemen sementara dengan mengoleksi 63 poin. Ilija Spasojevic dan kawan-kawan hanya unggul satu poin atas Bali United dan PSM Makassar.

Sesuai regulasi Liga 1, perhitungan gelar juara dimulai dari hitungan head to head dalam pertemuan di putaran pertama dan kedua jika ada dua tim yang mengoleksi poin sama di akhir kompetisi.

“Sebenarnya secara regulasi tertera perhitungannya itu adalah head to head. Setelah itu baru selisih gol seluruh pertandingan,” kata COO PT LIB, Tigor Shalom.

“Kami ingin memberikan surat kepada semua klub untuk menjabarkan proses head to head yang dimaksud itu seperti apa,” ujarnya menambahkan.

Sebelum mengirimkan surat ke semua klub peserta, PT LIB akan mencoba membahas perhitungan head to head dengan PSSI.

Diharapkan tidak ada salah penafsiran seperti kasus Persewangi Banyuwangi melawan PSBK Blitar di babak play off khusus Liga 2.

“Kami akan kirimkan surat penjelasan bagaimana perhitungan head to head itu kepada semua klub setelah berdiskusi dengan PSSI. Tidak ada regulasi yang kami ubah,” jelas Tigor.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More