Soal Polemik Asisten “Bayangan” Zidane, Madrid Akhirnya Buka Suara

Real Madrid tengah disorot karena status David Bettoni di dalam staf kepelatihan. Orang kepercayaan Zinedine Zidane ini ternyata tidak memiliki lisensi UEFA Pro sebagai salah satu syarat melatih di liga kasta tertinggi di Eropa.

Ini dikonfirmasi oleh Komite Teknik Federasi Sepak Bola Spanyol, RFEF, kepada AS. Bettoni hanya mengantongi lisensi UEFA A. Sebagai konsekuensi, Bettoni tidak diizinkan memberikan instruksi di pinggir lapangan selama pertandingan resmi.

Madrid coba mengklarifikasi status Bettoni melalui pernyataan resmi yang dirilis dalam situs resmi klub. Diklaim Los Blancos, dia tidak menjabat sebagai asisten pelatih, melainkan hanya pelatih teknik.

“Seperti yang dikatakan pada konferensi pers, 5 Januari 2016, Zinedine Zidane tidak memiliki asisten pelatih,” bunyi pernyataan Madrid.

Akan tetapi, fakta berkata lain. Bettoni melanggar batasan saat Madrid mengalahkan Deportivo La Coruna dengan skor telak 5-0, Minggu (9/1) dini hari lalu.

Beberapa media Spanyol mengabadikan momen saat Bettoni memberikan instruksi kepada Jese Rodriguez sebelum menggantikan Gareth Bale pada menit ke-73.

Bettoni sendiri merupakan teman dekat Zidane sejak keduanya bermain untuk Cannes. Mereka berduet sebagai pelatih dan asisten pelatih di Real Madrid B dari Agustus 2014 hingga Januari 2016.

Saat Zidane dipromosikan menjadi pelatih tim utama, Bettoni turut dibawa. Di situs resmi Madrid, pria berusia 44 tahun ini tercatat sebagai asisten pelatih bersama Hamidou Msaidie.

Comments
Loading...