Soal Putusan Komisi Banding FIFA, Platini Ajukan Banding ke CAS

Eks presiden UEFA, Michel Platini, terus berupaya untuk membebaskan diri dari hukuman FIFA. Kali ini, dia mengajukan banding ke Pengadilan Arbritase Olahraga, CAS.

Platini diputus bersalah oleh Komite Eksekutif FIFA karena penyalahgunaan wewenang jabatan sebagai presiden UEFA. Di putusan awal, dia dihukum selama delapan tahun ditambah hukuman denda.

Atas hukuman itu, Platini melakukan banding hingga akhirnya mendapatkan pengurangan dua tahun untuk tak boleh berpartisipasi di kegiatan sepak bola internasional dan juga nasional. Hal itu menjadi suatu ironi karena Prancis akan menjadi tuan rumah Piala Eropa di musim panas mendatang.

Platini yang tak merasa bersalah, terus melakukan usaha untuk membersihkan namanya. Langkah terakhir lewat CAS sudah ditempuh. Dia kini tinggal menunggu hasil sidang yang segera akan digelar.

“Michel Platini sudah mengajukan banding di Pengadilan Arbritase Olahraga (CAS) terhadap keputusan yang dikeluarkan oleh Komisi Banding FFIA pada tanggal 24 Februari 2016,” ujar pernyataan resmi CAS.

“Dalam banding ke CAS, Michel Platini berusaha untuk membatalkan keputusan yang sudah dijatuhkan oleh Adjudicatory Chamber of the FIFA Ethics Committee dan oleh komisi banding FIFA mengatakan bahwa dia tak memenuhi syarat untuk mengambil bagian dalam kegiatan sepak bola di tingkat nasional dan internasional selama enam tahun.”

“Setelah proses dengar pendapat, Panel akan melakukan musyawarah dan di tanggal yang sudah ditentukan, keputusan akan diambil dan dalam bentuk Arbrital Award,” imbuhnya.

CASFIFAMichel PlatiniUEFA