Soal Resep Ketajamannya, Begini Penjelasan Ilkay Guendogan

Football5Star.com, Indonesia – Ilkay Guendogan tak henti menunjukkan ketajamannya. Saat Manchester City berpesta 5-0 di kandang West Bromwich Albion, Rabu (27/1/2021) dini hari WIB, dia membuat brace ‘dua gol’. Dia kini sudah mencetak 7 gol bagi The Cityzens pada pentas Liga Inggris.

Koleksi 7 gol itu menampatkan Guendogan sebagai pemain tertajam di skuat Manchester City pada ajang Premier League. Dia unggul 1 gol atas Raheem Sterling. Adapun secara keseluruhan, dia bersanding dengan Sterling dan Phil Foden sebagai pemain tersubur dengan 9 gol.

Hal yang menarik, Guendogan baru memperlihatkan ketajamannya sejak medio Desember 2020. Dalam 8 laga beruntun di Liga Inggris, dia hanya gagal membobol gawang Southampton dan Brighton & Hove Albion. Sebelumnya, dia hanya mencetak gol pada dua matchday awal Liga Champions.

Apa yang membuat Guendogan belakangan ini jadi tambah subur? Gelandang asal Jerman itu mengaku tak punya kiat, resep atau rahasia apa pun. Satu-satunya kunci adalah berani mencoba melakukan yang terbaik.

“Tak ada rahasia dari ketajamanku. Aku hanya berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat,” ujar Ilkay Guendogan selepas laga West Bromwich Albion vs Manchester City seperti dikutip Football5Star.com dari Goal.

Guendogan Terbantu Perubahan Peran

Ilkay Guendogan kian subur sejak diberi peran lebih menyerang oleh Pep Guardiola.
Getty Images

Meskipun demikian, tak urung Ilkay Guendogan mengungkapkan faktor yang membuat dirinya kian tajam belakangan ini. Itu adalah perubahan perannya di lapangan sesuai instruksi manajer Pep Guardiola.

“Aku sekarang lebih berperan dalam menyerang. Jika mendapat peluang di dekat kotak penalti, aku coba membuat putusan tepat,” ujar Guendogan. “Aku hanya mencoba melakukan hal yang terbaik.”

Peran yang lebih ofensif di lapangan membuat Guendogan lebih sering menusuk ke jantung pertahanan dan mendapatkan peluang. Hal itu pada akhirnya membuat dia mencatatkan rekor pribadi. Tujuh gol dalam semusim adalah yang terbaik dalam kariernya. Itu melewati musim 2018-19 yang hanya diwarnai 6 gol.

Bagi Manchester City, performa apik Ilkay Guendogan dengan ketajamannya jadi berkah tersendiri. Pasalnya, mereka hingga beberapa pekan ke depan tak dapat diperkuat Kevin De Bruyne yang dibekap cedera. Setidaknya, mereka punya gelandang serang yang diandalkan selama sang bintang absen.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More