Soal Ujaran Kebencian Terhadap Salah, West Ham Serahkan Bukti ke Polisi

Football5star.com, Indonesia – West Ham United mengklaim telah menyerahkan bukti-bukti terkait serangan verbal yang menimpa penyerang Liverpool, Mohamed Salah. Pemain asal Mesir tersebut mendapatkan perlakuan diskriminatif dari sejumlah fans The Hammers pada pertandingan di London awal pekan ini.

Pihak West Ham United menegaskan, mereka tidak akan tinggal diam jika kasus serupa kembali terulang di masa depan. Sebagai klub, mereka berkomitmen untuk menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi yang selama ini digaungkan untuk sepak bola.

“Kami tegas menyatakan bahwa tindakan intoleran semacam ini tidak akan mendapatkan dukungan. Menyusul tindakan yang menimpa pemain Liverpool, Mohamed Salah, kami sudah menyerahkan bukti-bukti ke polisi,” tulis pernyataan tersebut.

Pihak kepolisian masih mendalami bukti-bukti dari The Hammers, untuk proses lebih lanjut terkait dugaan tindak rasial terhadap Mohamed Salah. Mulai dari identifikasi pelaku, hingga tindakan lain.

Ini bukan pertama kalinya kasus serupa terjadi di sepak bola Inggris. Belum lama ini, tim sekota West Ham United, Chelsea, juga bermasalah dengan tindakan sejumlah fans mereka dalam beberapa kesempatan.

Kasus semacam ini menjadi perhatian nasional Negeri Ratu Elizabeth. Pada survei yang dilakukan oleh Guardian, Desember lalu, data menunjukkan kaum minoritas di Inggris memang rentan mendapat perlakuan diskriminatif.

Tercatat 53 persen responden mengaku pernah mendapatkan tindakan diskriminatif karena latar belakang agama, warna kulit, dan rambut mereka. Sementara itu, hanya 29 persen warga kulit putih yang merasakan hal serupa.

Comments
Loading...