Son Heung-Min Sukses Pecahkan Rekor Pemain Asia

Football5Star.com – Bintang Tottenham Hotspur, Son-Heung-min, sukses memecahkan rekor pemain Asia usai masuk menjadi nomine Ballon d’Or. Ini adalah kali pertama dalam 12 tahun terakhir, pemain asia dinominasikan dalam pemilihan pemain terbaik dunia.

Pemain asal Korea Selatan itu masuk sebagai salah satu dari 30 nama yang diumumkan France Football untuk nominasi Ballon d’Or 2019. Dalam prosesnya, dia menjadi pemain Asia keempat dan yang pertama dalam 12 tahun terakhir karena jadi nomine itu.

Tak ditampik memang, sebab Son merupakan pemain paling penting bagi pasukan Maurico Pochettino sepanjang 2019 ini. Dia berhasil membawa Spurs mencapai final Liga Champions meski kalah dari Liverpool musim lalu.

Son Heung-min @spursofficial Tottenmham Hotspur

Bukan cuma itu, Son jua memulai musim 2019-2020 dengan gemilang. Dia sudah mencetak tiga gol dan dua assist dalam 10 penampilan untuk klub asal London Utara tersebut di semua kompetisi.

Sebelum Son, aada beberapa pemain Asia masuk nomine ini. Salah satunya legenda Jepang, Hidetoshi Nakata. Dia dinominasikan untuk penghargaan individu paling bergengsi dunia itu pada 1998 dan 1999.

Setelahnya, eks bintang Manchester United, Park Ji-Sung jua dinoinasikan pada 2005. Younis Mahmoud dari Irak jua masuk ke dalam daftar 30 pemain setahun kemudian tepatnya 2007.

Mahmoud jua menjadi satu-satunya pemain Asia yang muncul di peringkat akhir penghargaan kala itu. Dia sempat mendapat dua poin dalam proses hitung suara dan berada di urutan ke-29.

Comments
Loading...