Sosok Ini yang Diakui Edouard Mendy Miliki Jasa Besar Bagi Kariernya

Football5star.com, Indonesia – Chelsea resmi mendapatkan kiper Rennes, Edouard Mendy. Kiper asal Senegal itu ditebus oleh The Blues dengan banderol sebesar 22 juta poundsterling.

Edouard Mendy disebut-sebut sebagai salah satu kiper terbaik di kompetisi Ligue 1. Di musim lalu dikutip Football5star.com dari Whoscored, Kamis (24/9/2020) Mendy catatkan 78,4 persen penyelamatan yang merupakan terbaik ketiga di Liga Prancis.

Secara postur tubuh, Mendy lebih tinggi dari kiper Chelsea saat itu, Kepa Arrizabalaga. Mendy memiliki tinggi badan, 1.97 meter sedangkan Kepa hanya 1,86 meter. Tentu hal ini jadi salah satu keunggulan Mendy untuk mengantisipasi umpang silang pemain lawana.

Direktur olahraga Chelsea yang juga mantan kiper The Blues, Petr Cech adalah orang yang sangat menginginkan Mendy melanjutkan karier di Stamford Bridge.

Kiper berusia 28 tahun ini mengawali kariernya di klub kecil Prancis Cherbourg pada 2011. Ia lalu pindah ke tim besar Ligue 1, Marseille pada 2015 namun saat itu ia hanya menjadi bagian dari tim B Marseille.

Di Marseille inilah, Mendy mengaku bahwa ia banyak belajar dari Stéphane Cassard. Pelatih kiper Marseille tersebut dianggap Mendy sangat berperan besar di perjalanan kariernya.

“Saya memiliki banyak hal dengan Stéphane Cassard. Dia membuat saya berkembang pesar. Dengan dia, saya berhasil menghapus masa pengangguran saya. Sungguh puas yang luar biasa bisa bekerja bersamanya,” ucap Mendy kepada Goal.

“Dia selalu percaya pada saya dan ketika saya mengatakan kepadanya bahwa saya akan pergi, dia sangat kecewa. Dia benar-benar berusaha saya untuk tinggal di Marseille. Tetapi dia juga mengatakan kepada saya bahwa dia tidak terlalu mengkhawatirkan saya karena dia tahu saya akan berkembang lebih baik,” tambahnya.

Stéphane Cassard merupakan mantan kiper Montpellier pada 2000. Setelah pensiun di US Boulogne pada 2011, ia melanjutkan karier sebagai pelatih kiper. Pada 2014 sampai 2019, ia jadi pelatih kiper untuk Marseille dan saat ini menjadi pelatih kiper di RC Strasbourg Alsace.

ChelseaEdouard MendyLiga Inggris