Southampton Akhiri Catatan Manis Arsenal

Football5star.com, Indonesia – Southampton akhiri catatan apik Arsenal. Dalam 22 pertandingan di semua ajang, The Gunners tak pernah sekalipun tersentuh kekalahan. Southampton pun memberikan luka untuk Arsenal, sebuah kekalahan dengan skor 3-2.

Southampton yang datang dengan pelatih anyar, Ralph Hasenhuettl memainkan sepak bola yang aktaktrif. Menggunakan formasi 3-4-3, Hasenhauettl memasang Danny Ings di lini depan diapit oleh Nathan Redmond dan Stuart Armstrong.

Sementara Unai Emery datang dengan pilihan lini belakang yang terbatas. Kuartet lini belakang The Gunners diisi oleh Hector Bellerin, Stephan Lichtsteiner, Laurent Koscielny, dan Nacho Monreal. Pilihan semakin terbatas saat menengok ke bangku cadangan. Hanya Ainsley Maitland-Niles yang bisa dimainkan sebagai pemain belakang.

Rapuhnya lini belakang Arsenal terlihat di dua gol yang dicetak oleh Ings di babak pertama. Kedua gol tersebut lahir dari sundulan yang memanfaatkan umpan silang dari kedua sisi The Gunners. Gol pertama lahir di menit ke-20. Memanfaatkan umpan silang dari Matt Targett, Ings menyundul bola yang gagal dihalau oleh Bernd Leno.

Arsenal sempat menyamakan kedudukan di menit ke-28 lewat gol Henrikh Mkhitaryan. Alex Iwobi menjadi aktor terjadinya gol Mikhi. Iwobi yang bergerak di sisi kanan pertahanan Soton memberikan umpan terobosan ke Monreal. Umpan silang yang dilepaskan Monreal diselesaikan oleh Mkhitaryan.

Menjelang babak pertama usai, Ings kembali mencetak gol keduanya sekaligus membuat skor berubah menjadi 2-1. Kali ini giliran Redmond yang memberikan umpan silang yang disundul oleh Ings. Skor 2-1 menutup jalannya pertandingan babak pertama.

Football5star - Twitter @SouthamptonFC

Babak kedua dibuka dengan pergantian pemain dari Arsenal. Adalah Bellerin yang cedera di akhir babak pertama digantikan oleh Alexandre Lacazette di awal babak kedua. Masuknya Lacazette membuat pola permainan Arsenal berubah menjadi 4-4-2 yang awalnya adalah 3-4-3.

Arsenal layak berterima kasih kepada bek Southampton, Jannik Vestergaard. Berkat blok yang ia lakukan, tendangan kaki kiri Mkhitaryan berubah arah dan mengecoh Alex McCarthy, kiper Soton. Skor berubah 2-2 di menit ke-53.

Petaka untuk Arsenal bertambah setelah kapten Timnas Swiss, Lichtsteiner harus ditarik keluar akibat cedera di menit ke-74. Cedera mantan bek Juventus itu datang setelah ia dilanggar dengan keras dari belakang oleh Stuart Armstrong.

Southampton sejatinya bisa kembali memimpin andaikan tendangan Shane Long disahkan sebagai sebuah gol. Berawal dari sepak pojok, Long yang berdiri bebas melepaskan tendangan yang gagal dihalau Leno. Wasit Christopher Kavanagh lebih dulu meniup peluit tanda Long telah lebih dulu terperangkap offside.

Kerjasama dua pemain pengganti, Long dan Charlie Austin kembali membawa Southampton memimpin di menit ke-85. Long yang lepas dari jebakan offside memberikan umpan yang disundul oleh Austin. Austin menjadi momok menakutkan The Gunners dengan selalu mencetak gol di lima pertandingannya melawan Arsenal.

Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 3-2 tak berubah untuk sang tuan rumah. Ini menjadi kemenangan kedua Southampton sekaligus menjadi debut yang indah untuk sang pelatih, Hasenhuettl.

Susunan Pemain

Southampton (3-4-3): 1-Alex McCarthy; 35-Jan Bednarek, 4-Jannik Vestergaard, 3-Maya Yoshida; 43-Yann Valery, 23-Pierre Hojbjerg, 14-Oriol Romeu, 33-Matt Targett; 22-Nathan Redmond (Shane Long 64′), 9-Danny Ings (Charlie Austin 71′), 17-Stuart Armstrong
Pelatih: Ralph Hasenhuettl

Arsenal (4-3-3): 19-Bernd Leno; 34-Granit Xhaka, 12-Stephan Lichtsteiner (Ainsley Maitland-Niles 74′), 6-Laurent Koscielny; 18-Nacho Monreal; 11-Lucas Torreira, 29-Matteo Guendouzi , 2-Hector Bellerin (Alexandre Lacazette 46′); 7-Henrikh Mkhitaryan, 14-Pierre-Emerick Aubameyang, 17-Alex Iwobi (Mesut Ozil 70′)
Pelatih: Unai Emery

Kartu KuningJan Bednarek 51′, Stuart Armstrong 71′, Shane Long 90′; Laurent Koscielny 60′
Kartu Merah: –

Comments
Loading...