Southampton Klub Pertama Inggris yang Potong Gaji Pemain

Football5star.com, Indonesia – Southampton mengikuti jejak beberapa klub di Liga Spanyol dan Liga Jerman yang memotong gaji pemain. Keputusan ini sekaligus menjadikan mereka sebagai klub pertama Inggris yang melakukannya.

Seperti yang dikutip Football5star dari laman resmi The Saints, anak asuh Ralph Hasenhuttl akan memotong gaji pemainnya selama bulan April, Mei, dan Juni. Kebijakan ini diambil agar pihak klub bisa mempertahankan para karyawan yang terancam di PHK.

Tidak hanya para pemain, staff pelatih juga mendapat potongan gaji yang sama. Adapun besaran potongan gaji skuat Southampton sebesar 70 persen.

Hasil dari pemotongan gaji ini nantinya akan dimanfaatkan klub untuk membayar gaji karyawan yang sedang dirumahkan karena kebijakan lockdown pemerintah Inggris. Dengan kata lain, mereka yang tidak bisa bekerja karena harus tetap berada di rumah tetap menerima gaji secara penuh.

Apa yang dilakukan klub yang bermarkas di Stadion St Mary menuai pujian dari banyak pihak. Apalagi klub-klub Premier League lainnya yang memiliki keuangan yang lebih mapan belum mengambil kebijakan tersebut.

Di sisi lain, Southampton jadi klub keenam yang secara terang-terangan mengumumkan pemotongan gaji para pemain dan staff pelatihnya. Sebelumnya ada tiga klub Spanyol, Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona.

Sementara itu di Jerman ada Borussia Dortmund dan Bayern Munich yang melakukan hal serupa. Sama halnya dengan Southampton, di Italia, Juventus jadi klub pertama dan masih satu-satunya yang memotong gaji pemainnya.