Spanyol dan Portugal Ingin Selenggarakan Piala Dunia 2030

Football5star.com, Indonesia – Dua negara dengan kultur sepak bola mumpuni di Eropa, Spanyol dan Portugal, kompak mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama untuk perhelatan Piala Dunia 2030 mendatang.

Kepastian ini terlihat jelas dari keterangan Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) dan Federasi Sepak Bola Portugal (FPF). Bahkan rencana dua federasi ini sudah mendapat dukungan dari pemerintah mereka masing-masing.

“Pemerintah kedua negara akan menjadi bagian mendasar untuk pengembangannya setelah mengadakan beberapa pertemuan. Kami bersama federasi Portugal akan memulai proses analisis menyeluruh tentang penyelenggaraan Piala Dunia 2030,” demikian pernyataan resmi RFEF, Sabtu (8/6/2019).

“Kedua federasi ingin mengambil kesempatan untuk berkomunikasi bahwa pemerintah dua negara ini punya informasi yang cukup tentang proses ini karena mereka akan menjadi bagian penting dari pencalonan ini,” sambung pernyataan tersebut.

Sejatinya ini bukan pertama kalinya dua negara bertetangga mengajukan diri menjadi tuan rumah bersama. Mereka sempat mencalonkan diri untuk Piala Dunia 2018 lalu, tapi pada akhirnya Spanyol dan Portugal kalah bersaing dengan Rusia.

Saat ini FIFA memang belum menentukan siapa yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Induk sepak bola dunia ini baru menetapkan tuan rumah Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Qatar dan Piala Dunia 2026 yang untuk pertama kalinya berlangsung di tiga negara, yaitu Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Comments are closed.