Spanyol Pernah Ingin Menaturalisasi Messi

Pelatih timnas Spanyol, Vicente Del Bosque, mengungkapkan bahwa Federasi Sepakbola Spanyol, RFEF pernah berniat menaturalisasi Lionel Messi. Sayangnya, usaha itu gagal.

Messi tak lama berada di Argentina karena pada umur 13 tahun dia pindah ke Spanyol untuk menimba ilmu di akademi Barcelona. Selain itu, Messi juga menjalani pengobatan kelainan hormon yang dimilikinya dengan Barca membiayai seluruh pengobatannya.

Setelah melakoni debut bersama Barca pada 2004, nama Messi meroket karena talentanya yang istimewa. Dia pun meraih sederet prestasi baik itu di level klub maupun individu.

Talenta Messi bukannya luput dari perhatian Spanyol. Del Bosque mengungkapkan bahwa RFEFE sempat mendekati Messi saat masih berusia belia agar mau memperkuat timnas mereka. Namun, Messi menolaknya dan memilih untuk tetap bermain bagi timnas Argentina yang debutnya dilakoni pada usia 18 tahun.

“Ada upaya untuk melakukan itu, tapi dia memutuskan untuk tetap dengan negara kelahirannya; dia tetap mantap,” ungkap Del Bosque kepada Guardian.

Spanyol sendiri cukup akrab dengan yang namanya naturalisasi, karena saat ini ada nama Diego Costa yang kelahiran Brasil. Selain itu, Spanyol juga menaturalisasi Thiago Alcantara dan Marcos Senna, di mana dua-duanya juga berasal dari Brasil.

“Itu adalah fenomena yang tidak bisa kita sangkal atau pura-pura kalau itu tidak ada. Kita tidak tahu the next Messi atau the next Ronaldo akan datang dari mana: bisa saja mereka yang datang ke sini dari negara lain untuk memperbaiki hidup,” lanjutnya.

Comments are closed.