Spanyol Terancam Ditendang dari Piala Dunia 2018

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Spanyol terancam batal berlaga di Piala Dunia 2018. Pasalnya, FIFA mencium adanya intervensi pemerintah Spanyol terhadap Asosiasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). Peringatan awal sudah dilayangkan pada Jumat (15/12/2017) terkait adanya permintaan dari pemerintah untuk menggelar pemilihan ulang Presiden RFEF menyusul penahanan Angel Maria Villar atas tuduhan korupsi.

“Kami membenarkan bahwa FIFA baru-baru ini telah mengirimkan surat kepada RFEF yang menunjukkan kekhawatiran terhadap situasi yang berkembang. FIFA mengingatkan bahwa, berdasarkan Statuta FIFA, semua anggota harus mengurus urusannya secara independen, tak boleh ada campur tangan pihak ketiga,” terang pernyataan resmi FIFA.

Presiden RFEF Angel Maria Villar saat digelandang petugas.
thesun.co.uk

Menyikapi hal itu, pelaksana tugas Presiden RFEF Juan Luis Lerrea menegaskan, pihaknya akan berjuang keras untuk memastikan Spanyol tetap berada di Rusia 2018. Dia menegaskan, RFEF akan bertemu dengan utusan FIFA dan UEFA selepas Natal nanti.

“Tak ada yang akan mencoret Spanyol dari Piala Dunia. Itu tidak mungkin dan tak pernah ada pembicaraan mengeai hal itu,” tegas Lerrea kepada Diario As. “Itu tak akan terjadi. Saya tak habis pikir, apa yang diinginkan orang-orang ini. Apakah mereka ingin Spanyol dikeluarkan agar Italia masuk? Asoasiasi berfungsi normal, timnas meraih tempat lewat perjuangan di lapangan. FIFA sepakat dengan kami soal itu.”

Dari kalangan pemain, Sergio Ramos yang tengah membela Real Madrid di Piala Dunia Antarklub buka suara. “Aku tak percaya kami bisa batal ikut serta karena hal tersebut. Aku benar-benar sulit memercayai hal itu,” terang dia seperti dikutip Marca.

Spanyol bukan tim pertama yang terancam dicoret dari daftar peserta Piala Dunia 2018. Sebelumnya, Peru mengalami hal itu menyusul adanya usulan anggota parlemen agar pengelolaan sepak bola Peru diambil alih oleh sebuah badan di bawah pemerintah.

Di Piala Dunia 2018, Sergio Ramos dkk. dipastikan tergabung bersama Iran, Maroko, dan sang juara Piala Eropa, Portugal.

Comments
Loading...